Euro 2020: Belanda Baru Dua Laga, kok Sudah Pasti Juara Grup?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 18 Jun 2021 14:10 WIB
The Netherlands players celebrates after winning the Euro 2020 soccer championship group C match between the The Netherlands and Austria at Johan Cruijff ArenA in Amsterdam, Netherlands, Thursday, June 17, 2021. (John Thys, Pool via AP)
Timnas Belanda lolos sebagai juara Grup C Piala Eropa 2020 (AP/John Thys)
Amsterdam -

Timnas Belanda memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Bahkan, De Oranje sudah jadi juara grup Euro 2020. Kok bisa?

Belanda menghadapi Austria pada laga kedua Grup C di Amsterdam ArenA, Jumat (18/6/2021) dini hari WIB. Memphis Depay membuka keunggulan di menit ke-11 lewat tendangan penalti.

Lalu, Denzel Dumfries menggandakan skor di menit ke-67. Belanda menang 2-0 sekaligus mengunci tiket ke fase gugur untuk pertama kalinya di kompetisi ini sejak edisi 2008.

Ini jadi pencapaian penting untuk Belanda yang gagal lolos ke dua turnamen besar terakhir, Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018. Hebatnya Belanda sudah memastikan diri sebagai juara Grup C Euro 2020.

Eh, tapi kok baru dua laga, Belanda sudah bisa juara grup? Padahal kan masih ada sisa satu laga dan selisih poin dengan Austria serta Ukraina cuma tiga poin.

Jika Belanda kalah dari Makedonia Utara di partai terakhir, salah satu dari Austria atau Ukraina, maka total enam poin akan disamai. Nah, jika ada dua tim dengan poin sama, UEFA punya aturannya nih.

Menurut aturan UEFA, jika Belanda punya poin sama dengan Austria atau Ukraina, maka tim asuhan Frank de Boer itu yang berhak jadi juara grup.

Sebab, Belanda unggul head-to-head dari rival-rivalnya itu. Sebelum mengalahkan Austria, Belanda membekuk Ukraina 3-2 di partai pertama.

Belanda sebagai juara grup bakal bertemu salah satu dari peringkat ketiga Grup D, E, atau F. Ingin melihat berita-berita soal Euro 2020 di detikSport? Silakan lihat link ini.

(mrp/cas)