Dosa Apa Jadon Sancho?

Afif Farhan - Sepakbola
Sabtu, 19 Jun 2021 19:25 WIB
LONDON, ENGLAND - MARCH 22: Jadon Sancho of England during the 2020 UEFA European Championships Group A qualifying match between England and Czech Republic at Wembley Stadium on March 22, 2019 in London, United Kingdom. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Dosa Apa Jadon Sancho? (Getty Images/Catherine Ivill)
London -

Jadon Sancho belum juga mengisi skuad utama Inggris di ajang Euro 2020 ini. Sancho melulu dibangkucadangkan Gareth Southgate, mengapa sih?

Inggris sudah menjalani dua laga di Euro 2020, kontra Kroasia dan Skotlandia dengan hasil menang (1-0) dan seri (0-0). Alhasil, Inggris sementara berada di peringkat kedua Grup D Euro 2020.

Republik Ceko dan Inggris sama-sama memimpin dengan empat poin (Ceko di peringkat pertama karena unggul selisih gol). Kroasia dan Skotlandia di nomor tiga dan empat dengan masing-masing satu poin.

Oleh sebab itu, peluang lolos ke babak 16 Inggris masih terbuka lebar buat siapa saja. Laga terakhir grup, benar-benar jadi hidup-mati.

Satu hal yang jadi sorotan buat Timnas Inggris di Euro 2020 adalah lini serang yang mandek. Tiga Singa begitu sulit membuat gol.

Selain itu, manajer Inggris Gareth Southgate turut dikecam. Sebabnya, tidak memberikan banyak kepercayaan kepada para pemain di lini serang seperti contohnya kepada Jadon Sancho.

Dari dua laga Inggris yang sudah dilalui, Sancho cuma duduk manis di bench.

Eks penyerang Timnas Inggris, Ian Wright tidak habis pikir. Mengapa sih, Jadon Sancho dicadangkan melulu?

"Ada Sancho di bench yang musim lalu bikin 16 gol dan 20 assist di musim lalu bersama Borussia Dortmund. Dia bahkan tidak dimainkan ketika Inggris kesulitan bikin peluang," kata Wright seperti dilansir dari Mirror.

"Kita bisa membicarakan, apakah Harry Kane cukup banyak bikin peluang?" lanjutnya.

DORTMUND, GERMANY - OCTOBER 24: Jadon Sancho of Dortmund runs with the ball during the Bundesliga match between Borussia Dortmund and FC Schalke 04 at Signal Iduna Park on October 24, 2020 in Dortmund, Germany. A limited number of spectators (300) will be in attendance as Covid-19 pandemic restrictions are eased in Dortmund.  (Photo by Martin Rose/Getty Images)Jadon Sancho musim lalu bersinar bersama Borussia Dortmund (Getty Images/Martin Rose)

Ian Wright menegaskan, kalau Jadon Sancho sebaiknya diberi kesempatan. Penyerang sayap berusia 21 tahun itu dalam kondisi prima dan siapa tahu bisa jadi pembeda buat Inggris yang melulu miskin peluang.

"Ya, kami Inggris adalah tim favorit di turnamen ini. Tapi kok, saya malu untuk mengatakan hal itu," tutupnya.

Simak rangkuman informasi dan keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(aff/mrp)