Bellingham Pegang Rekor Cuma 6 Hari, Kena Geser Kacper Kozlowski

Kris Fathoni W - Sepakbola
Minggu, 20 Jun 2021 16:40 WIB
POZNAN, POLAND - JUNE 08: Kacper Kozlowski of Poland runs with the ball during the international friendly match between Poland and Iceland at Stadion Poznan on June 08, 2021 in Poznan, Poland. (Photo by Boris Streubel/Getty Images)
Kacper Kozlowski kini jadi pemain termuda yang tampil dalam laga babak utama Piala Eropa. Foto: Getty Images/Boris Streubel
Jakarta -

Kacper Kozlowski bikin Jude Bellingham tak bisa lama-lama menyandang sebuah rekor di gelaran Euro 2020. Cuma enam hari Bellingham jadi pemegang rekor, sebelum kini digeser Kozlowski.

Di Euro 2020 ini, yang digelar tahun 2021, Bellingham memecahkan rekor pemain termuda di ajang itu seiring penampilannya buat timnas Inggris ketika menghadapi Kroasia pada 13 Juni lalu.

Jude Bellingham berusia 17 tahun dan 349 hari ketika tampil menggantikan Harry Kane di menit ke-82 laga di Wembley, dalam kemenangan 1-0 yang dicatatkan oleh the Three Lions atas Kroasia. Tapi rekor ini tak bertahan lama.

Dalam hitungan hari, rekor pemain termuda yang tampil dalam babak utama perhelatan Piala Eropa sudah berpindah tangan lagi lewat penampilan Kacper Kozlowski enam hari usai torehan Jude Bellingham.

Kacper Kozlowski kini resmi menjadi pemain paling muda yang tampil dalam sebuah laga Piala Eropa. Ia melakukannya pada usia 17 tahun dan 246 hari, ketika membantu Polandia bermain imbang 1-1 melawan Spanyol, Sabtu (19/6).



SEVILLE, SPAIN - JUNE 19: Ferran Torres of Spain battles for possession with Kacper Kozlowski of Poland during the UEFA Euro 2020 Championship Group E match between Spain and Poland at Estadio La Cartuja on June 19, 2021 in Seville, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)Kacper Kozlowski berebut bola dengan Ferran Torres. Foto: Getty Images/David Ramos

Dalam catatan Sportskeeda, Kacper Kozlowski tidaklah asing dengan pencapaian berupa pemecahan rekor. Pesepakbola yang membela klub Polandia Pogoń Szczecin itu sebelumnya juga menjalani debut di liga dalam usia 15 tahun dan 215 hari.

Pada Januari 2020, Kacper Kozlowski sempat mengalami kecelakaan mobil bersama dua rekan satu timya di klub ketika hendak berangkat latihan.

[Gambas:Instagram]




Namun, ia mampu pulih dari cedera itu dan mulai dipanggil ke timnas Polandia pada Maret 2021 lalu. Sejauh ini sosok yang berposisi sebagai pemain tengah itu, dan bahkan dapat julukan Paul Pogba-nya Polandia, sudah punya 4 caps.

Kacper Kozlowski juga tercatat sebagai pemain paling muda dalam skuad Euro 2020. Dengan kata lain rekornya sebagai pemain termuda yang tampil di babak utama gelaran Piala Eropa tidak akan segera dipecahkan pemain lain, paling tidak sampai Euro berikutnya.

(krs/rin)