Memphis Sudah Jadi Pemain Barca, Saatnya Melajukan Belanda

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 21 Jun 2021 17:15 WIB
Memphis Depay of the Netherlands smiles during the Euro 2020 soccer championship group C match between the The Netherlands and Austria at Johan Cruijff ArenA in Amsterdam, Netherlands, Thursday, June 17, 2021. (John Thys, Pool via AP)
Memphis Depay bisa lebih fokus ke Timnas Belanda setelah gabung Barcelona (AP/John Thys)
Amsterdam -

Memphis Depay sudah bisa tenang setelah dipastikan jadi pemain Barcelona. Kini Memphis seharusnya fokus melajukan Timnas Belanda di Euro 2020.

Memphis datang ke Piala Eropa kali ini dengan kondisi tidak tenang. Sebab, masa depannya sempat dispekulasikan karena kontrakmnya yang habis bersama Lyon.

Barcelona digadang-gadang bakal mendatangkan Memphis, setelah gagal pada percobaan pertama musim lalu. Kebetulan, Barcelona bisa menggaetnya dengan status bebas transfer.

Tapi, proses kepindahan Memphis sempat terhambat karena Ronald Koeman saat itu belum dipastikan tetap jadi pelatih Barcelona atau tidak. Pada prosesnya Koeman masih dipercaya menangani Los Cules di musim 2021/2022 alias sampai kontraknya habis.

Hal ini lantas membuat negosiasi dengan Memphis Depay berjalan lagi dan Barcelona bisa meresmikan kepindahannya per Sabtu (19/6/2021) malam WIB. Memphis diikat kontrak sampai 2024 dengan gaji di bawah 10 juta euro per musimnya.

Kabar yang begitu melegakan pelatih Belanda Frank de Boer. Sebab Memphis kini bisa fokus penuh untuk tampil di Piala Eropa bersama Belanda.

Memang Belanda sudah memastikan lolos ke 16 besar sebagai juara grup, tapi performa Memphis dianggap belum mencapai level terbaiknya. Memphis baru bikin satu gol, itu pun dari penalti saat mengalahkan Austria 2-0.

"Kami semua menanti penampilan terbaiknya. Dan saya rasa kabar itu melegakan (Memphis gabung Barcelona), karena dia bisa fokus penuh lagi dan tidak terganggu isu transfer ke Barcelona," ujar De Boer di Guardian.

"Jadi itu bisa memberikannya ekstra semangat untuk tampil di level terbaiknya," sambungnya.

Memphis Depay dan Belanda masih akan menghadapi Makedonia Utara di partai terakhir Grup C Piala Eropa 2020 malam ini.

(mrp/aff)