Top! Free Kick Henry Bikin Lukaku dan De Bruyne Malu Campur Kagum

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 21 Jun 2021 21:10 WIB
COPENHAGEN, DENMARK - JUNE 17: Thierry Henry, Assistant Coach of Belgium in action during the UEFA Euro 2020 Championship Group B match between Denmark and Belgium at Parken Stadium on June 17, 2021 in Copenhagen, Denmark. (Photo by Stuart Franklin/Getty Images)
Thierry Henry bikin Romelu Lukaku dan Kevin De Bruyne malu (Getty Images/Stuart Franklin)
Brussels -

Form is temporary, class is permanent. Itu perumpamaan pas untuk Thierry Henry. Henry baru saja bikin duo bintang Belgia Romelu Lukaku dan Kevin De Bruyne malu campur kagum.

Semasa berkarier di lapangan hijau, Henry dikenal sebagai penyerang kelas wahid dengan kecepatan serta finishing mematikan.

Dia adalah top scorer sepanjang masa Arsenal dengan 175 gol dari 258 penampilan di seluruh kompetisi. Setelah pensiun, Henry sempat jadi pelatih di AS Monaco dan New York Red Bulls meski tak terlalu sukses.

Kini Henry sedang sibuk sebagai asisten pelatih Roberto Martinez di timnas Belgia. Kehadiran Henry jelas untuk memoles para penyerang top yang dimiliki Belgia seperti Lukaku, Dries Mertens, Michy Batshuayi, Thorgan Hazard, atau Eden Hazard.

Nah, Thierry Henry pun menunjukkan skill tersisa yang dimilikinya saat masih bermain dulu, yakni tendangan bebas. Dikutip Transfermarkt, Henry punya 13 gol dari tendangan bebas langsung dan itu belum termasuk yang tidak langsung.

Dalam sebuah sesi latihan, Henry mengambil tendangan bebas tapi dengan kaki kiri yang bukan jadi andalannya. Hasilnya? Bola melesak mulus ke pojok kiri gawang dan kiper Matz Sels tak bergerak.

Sontak aksi Henry ini membuat Lukaku dan De Bruyne tercengang, malu, sekaligus kagum. Sebab kedua pemain itu sejatinya adalah pemain yang kerap jadi eksekutor bola mati di timnas Belgia.

Lukaku serta Sels menghampiri Thierry Henry yang cuma bisa tertawa melihat para pemain itu.

"Ayolah. Top skor Belgia tidak membutuhkan ini. Ayo, bung! Masuk, masuk!," ujar Lukaku selaku top scorer sepanjang masa Belgia, menggandeng Henry agar meninggalkan lapangan.

"Kami telah melatih aspek tersebut (tendangan bebas) selama setengah jam dan cuma bisa mencetak beberapa gol. Dia cuma menyepak dengan kiri dan langsung menghabisi kami! Besok ada pertandingan pula!" timpal De Bruyne.

Romelu Lukaku kemudian menambahkan dengan berkelakar. "Orang ini sudah pensiun 10 tahun. Dan dia bisa dengan mudah mempermainkan negaraku, bung!"

Di akhir video yang diunggah akun twitter Timnas Belgia, Mertens lantas menimpali. "Bisakah dia masuk ke tim nanti?".

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(mrp/krs)