Piala Eropa 2020: Georginio Wijnaldum si Bintang 'Underrated'

Bayu Baskoro - Sepakbola
Selasa, 22 Jun 2021 17:00 WIB
AMSTERDAM, NETHERLANDS - JUNE 13: Georginio Wijnaldum of Netherlands celebrates after scoring their sides first goal during the UEFA Euro 2020 Championship Group C match between Netherlands and Ukraine at the Johan Cruijff ArenA on June 13, 2021 in Amsterdam, Netherlands. (Photo by Koen van Weel - Pool/Getty Images)
Georginio Wijnaldum tampil oke di Piala Eropa 2020. (Foto: Getty Images/Koen van Weel - Pool)
Amsterdam -

Georginio Wijnaldum boleh jadi kerap dipandang sebelah mata alias 'underrated'. Namun dia mampu membuktikan kehebatannya bersama Timnas Belanda di Euro 2020.

Wijnaldum memimpin Belanda di Piala Eropa 2020 dengan ban kapten di lengannya. Mantan pemain Liverpool itu menggantikan Virgil van Dijk yang absen akibat cedera.

Pada laga perdana Belanda di Euro 2020 menghadapi Ukraina, Wijnaldum mampu mencetak gol pembuka De Oranje. Skuad asuhan Frank de Boer itu mengakhiri pertandingan dengan kemenangan sengit 3-2.

Di laga kedua menghadapi Austria, Belanda kembali merebut kemenangan. Jawara Piala Eropa 1988 itu menaklukkan Das Team 2-0.

Tren kemenangan Belanda berlanjut ketika bertemu Makedonia Utara, Senin (21/6/2021) malam WIB. Bertanding di Johan Cruyff Arena, Belanda menang dengan skor telak 3-0.

Georginio Wijnaldum menjadi bintang di laga kali ini. Gelandang 30 tahun mencetak brace di babak kedua, sekaligus melengkapi gol pertama Belanda yang dibukukan Memphis Depay.

Dua golnya tersebut membuat Wijnaldum kini telah mengoleksi tiga gol dari tiga pertandingan di Euro 2020. Penggawa anyar Paris Saint-Germain itu pun berada di puncak top skor bersama Cristiano Ronaldo, Romelu Lukaku dan Patrik Schick.

Wijnaldum juga mampu menorehkan rekor membanggakan bersama Timnas Belanda. Dia kini sudah mengoleksi 25 gol dengan seragam De Oranje, mengalahkan jumlah gol legenda Belanda, Marco van Basten (24 gol).

Penampilan gemilang Wijnaldum di Euro 2020 mendapat apresiasi dari Nigel de Jong. Eks pemain Timnas Belanda itu menilai Wijnaldum sebagai bintang top yang dipandang sebelah mata.

"Dia selalu bergerak dan mencari bola. Itu yang membuatnya spesial," kata De Jong, dilansir dari Daily Mail.

"Berbicara tentang pemain underrated, saya rasa Gini ada di sana sebagai pemain yang paling diremehkan dalam hal etos kerjanya dan juga kualitas," sambungnya.

"Ketika mereka kehilangan Van Dijk, dia adalah orang yang menggantikannya sebagai kapten dan dia memimpin dengan memberikan contoh. Tiga gol di babak grup pada sebuah turnamen besar adalah sesuatu yang bisa dibanggakan," pungkasnya soal Georginio Wijnaldum.



Simak Video "11 Stadion Laga Euro 2020, Mana yang Ingin Kamu Kunjungi?"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/aff)