Spanyol Jago Oper, tapi Keder Bikin Gol

Afif Farhan - Sepakbola
Selasa, 22 Jun 2021 17:25 WIB
SEVILLE, SPAIN - JUNE 19: Alvaro Morata of Spain looks dejected during the UEFA Euro 2020 Championship Group E match between Spain and Poland at Estadio La Cartuja on June 19, 2021 in Seville, Spain. (Photo by Marcelo Del Pozo - Pool/Getty Images)
Spanyol Jago Oper, tapi Keder Bikin Gol (Getty Images)
Sevilla -

Spanyol di Euro 2020 sejauh ini tercatat sebagai tim dengan operan terbanyak. Sayangnya, jumlah gol Tim Matador masih sebiji gol.

Timnas Spanyol menghuni Grup E di Euro 2020. Spanyol satu grup bersama Swedia, Polandia, dan Slovakia.

Di atas kertas, Spanyol tampaknya diprediksi bakal melaju mulus ke babak 16 besar Euro 2020. Apa daya, rupanya semuanya tidak berjalan sesuai rencana.

Spanyol sementara menghuni peringkat ketiga Grup E dengan koleksi dua poin hasil dari dua kali seri (0-0 kontra Swedia dan 1-1- kontra Polandia). Swedia memuncaki grup dengan empat poin dan ditempel ketat Slovakia dengan poin yang sama. Posisi paling buncit, ada Polandia dengan satu poin.

Spanyol di laga terakhir grup bakal menghadapi Slovakia pada Rabu (23/6) besok. Tentu, Tim Matador harus bekerja keras karena mereka lagi sulit banget bikin gol.

Spanish players react after the Euro 2020 soccer championship group E match between Spain and Poland at the La Cartuja stadium in Seville, Spain, Saturday, June 19, 2021. (Lluis Gene/Pool via AP)Spanyol jago dalam penguasaan bola dan operan, tapi keder bikin gol (AP/Lluis Gene)

Timnas Spanyol tercatat sebagai tim paling banyak membuat operan di Euro 2020 sejauh ini. Jika ditotal dari dua laga yang sudah dilewati, umpan-umpan pemain Spanyol tidak main-main. Jumlahnya mencapai 1.712 umpan, yang mana lebih banyak dari tim lain di Euro 2020 ini (Jerman di tempat kedua dengan 1.325 umpan).

Apa daya, seribuan umpan itu cuma berujung satu gol. Maka sudah pasti, ada yang salah dengan Morata dkk?

Hal tersebut jadi sorotan bagi eks pemain Real Madrid, Rafael Van der Vaart. Baginya, Spanyol kebingungan buat bikin gol.

"Yang pemain Spanyol lakukan sepanjang laga hanya mengoper dari satu sisi lapangan ke sisi lapangan lainnya," ujarnya seperti dilansir dari NOS.

"Mereka tidak tahu bagaimana menuntaskan umpan dan menciptakan peluang. Mereka kebingunan di sepertiga akhir lapangan," tambahnya.

Simak informasi menarik dari Euro 2020/2021 di link berikut ini

(aff/yna)