Klasemen Grup D Euro 2020: Inggris dan Kroasia Tembus Fase Knockout

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 23 Jun 2021 04:27 WIB
Jakarta -

Tuntas sudah pertarungan di Grup D Piala Eropa 2020. Inggris jadi juara grup ditemani Kroasia sebagai runner-up klasemen grup Euro 2020.

Inggris menghadapi Republik Ceko pada matchday ketiga di Wembley stadium, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB. Inggris yang tampil dengan skuat terbaiknya kesulitan menembus pertahanan Ceko.

Meski unggul cepat di menit ke-12 lewat sundulan Raheem Sterling meneruskan crossing Jack Grealish, Inggris tidak bisa menambah pundi golnya di sisa pertandingan.

Mereka bahkan cuma membuat dua attempts on target dari total lima attempts. Hingga akhir pertandingan, Inggris tetap menang 1-0 dan mengunci posisi juara grup dengan tujuh poin, hasil dua kemenangan dan satu seri.

Menemani Inggris lolos ke babak berikutnya sebagai runner-up adalah Kroasia yang mengalahkan Skotlandia dengan skor 3-1 di Hampden Park. Kroasia unggul duluan di menit ke-17 lewat Nikola Vlasic yang menyepak bola umpan Ivan Perisic.

Skotlandia bangkit untuk menyamakan skor 1-1 lewat Callum McGregor di menit ke-42. Setelah berimbang 1-1 sepanjang babak pertama, Kroasia mampu unggul lagi di menit ke-62.

Luka Modric mendapat umpan dari Mateo Kovacic dan melepaskan sepakan dengan punggung kaki dari luar kotak penalti, bola melesak mulus ke pojok. Perisic memastikan kemenangan 3-1 Kroasia lewat gol sundulan di menit ke-77.

Kroasia finis runner-up dengan empat poin, sama dengan milik Ceko, tapi mereka lebih produktif dengan empat gol. Sementara, Ceko cuma bikin tiga gol meski selisih golnya sama-sama +1.

Skotlandia menuntaskan sebagai juru kunci grup. Inggris tinggal menunggu runner-up Grup F yang kemungkinan besar bisa diisi Portugal, Jerman, atau Prancis.

Kroasia bertemu runner-up Grup E yang masih mungkin dimiliki empat tim, yakni Slovakia, Swedia, Polandia, dan Spanyol. Ceko akan lolos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik.

Croatia's Luka Modric, left, and England's Kalvin Phillips vie for the ball during the Euro 2020 soccer championship group D match between England and Croatia, at Wembley stadium, London, Sunday, June 13, 2021. (Laurence Griffiths, Pool via AP)Klasemen akhir Grup D Piala Eropa 2020 Foto: AP/Laurence Griffiths

(mrp/ran)