Mourinho Kritik Bruno Fernandes yang 'Tak Kelihatan' di Euro 2020

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Rabu, 23 Jun 2021 10:00 WIB
BUDAPEST, HUNGARY - JUNE 15: Bruno Fernandes of Portugal looks on during the UEFA Euro 2020 Championship Group F match between Hungary and Portugal at Puskas Arena on June 15, 2021 in Budapest, Hungary. (Photo by Alex Pantling/Getty Images)
Jose Mourinho mengkritik performa Bruno Fernandes bersama timnas Portugal di Euro 2020 (Foto: Getty Images/Alex Pantling)
Jakarta -

Jose Mourinho mengkritik performa gelandang Portugal Bruno Fernandes di Euro 2020. Mourinho menilai Fernandes membuat Portugal seperti main dengan 10 orang.

Bruno Fernandes datang ke Piala Eropa 2020 dengan modal penampilan apik bersama Manchester United. Di sepanjang musim 2020/2021, dia tercatat menyumbang 28 gol dan 17 assist.

Namun, Fernandes sejauh ini belum bisa mengulang performanya itu bersama Portugal di Euro 2020. Dalam dua pertandingan yang sudah dimainkan di fase grup, Fernandes belum bikin gol maupun assist.

Tak cuma itu, Fernandes juga tidak pernah main penuh selama 90 menit meski selalu diturunkan sebagai starter. Gelandang berusia 26 tahun itu selalu ditarik keluar saat pertandingan belum selesai. Terakhir, saat Portugal dikalahkan Jerman dengan skor 2-4, Fernandes sudah diganti pada menit ke-64.

Jose Mourinho meyakini Portugal punya kemampuan untuk mengalahkan tim mana pun. Namun, dia menyebut Bruno Fernandes harus segera kembali ke performa terbaiknya.

"Portugal di level tertingginya bisa mengalahkan siapa saja. Tapi kami harus main dengan 11 pemain. Dalam dua laga kemarin Bruno Fernandes ada di lapangan tapi tidak main," ujar Mourinho di talkSPORT.

"Saya harap dia muncul melawan Prancis, karena dia adalah pemain dengan potensi luar biasa."

"Dia bisa mengoper, bisa mencetak gol. Dia bisa dapat penalti, dia bisa mencetak gol penalti, dia bisa mencetak gol tendangan bebas. Dia punya banyak potensi, tapi kenyataannya dalam dua laga ini dia tidak ada di sana."

"Portugal punya tiga pemain menyerang yang fantastis, Bernardo Silva, Cristiano, dan Jota. Kami butuh koneksi itu, tapi sampai sekarang Bruno tidak main," katanya.

Portugal sudah ditunggu laga krusial melawan Prancis di laga terakhir Grup F Euro 2020, Kamis (24/6/2021) dini hari WIB. Portugal yang kini menempati peringkat ketiga klasemen Grup F akan lolos ke babak 16 besar asal tidak kalah dari Prancis.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(nds/ran)