Inggris Mungkin Ketemu Tim Top dari Grup F, Southgate Bilang Begini

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Rabu, 23 Jun 2021 08:45 WIB
LONDON, ENGLAND - JUNE 22: Gareth Southgate, Head Coach of England speaks to the media prior to the UEFA Euro 2020 Championship Group D match between Czech Republic and England at Wembley Stadium on June 22, 2021 in London, England. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
Gareth Southgate mengantar Inggris lolos ke babak 16 besar Euro 2020 sebagai juara Grup D (Foto: Getty Images/Laurence Griffiths)
Jakarta -

Inggris lolos ke babak 16 besar Euro 2020 sebagai juara Grup D. Inggris kemudian akan menghadapi runner-up Grup F, yang diisi Prancis, Jerman, dan Portugal.

Inggris memastikan diri sebagai juara Grup D usai menang atas Republik Ceko. Dalam pertandingan di Stadion Wembley, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB, Inggris menang 1-0 berkat gol tunggal Raheem Sterling.

Dengan hasil itu, The Three Lions memuncaki klasemen Grup D dengan tujuh poin dari tiga pertandingan. Mereka didampingi oleh Kroasia dan Republik Ceko yang juga lolos ke 16 besar dengan empat poin.

Jadi juara Grup D, Inggris selanjutnya akan menghadapi tim runner-up Grup F. Seperti diketahui, Grup F adalah 'grup neraka' yang berisi Prancis, Jerman, Portugal, dan Hungaria.

Sejauh ini, posisi akhir klasemen Grup F belum dipastikan. Selain Prancis yang sudah lolos, tiga tim lainnya masih punya peluang untuk masuk ke babak knockout.

Gareth Southgate tak masalah jika Inggris pada akhirnya harus menghadapi salah satu tim besar dari Grup F di babak 16 besar Euro 2020. Menurutnya, itu adalah tantangan yang harus dilewati jika ingin jadi juara.

"Untuk menjuarai sebuah turnamen, Anda harus mengalahkan tim-tim itu," ujar Southgate kepada BBC Sport.

"Kami ingin memastikan kami jadi juara grup dan tetap main di Wembley. Kami tidak tahu apakah itu menguntungkan dalam hal di mana undian akan membawa kami, tapi kami akan lebih memilih untuk di sini, kami bisa saja finis runner-up dan tetap dapat undian sulit."

"Jadi juara grup bagus untuk kepercayaan diri dan sangat bagus buat fans bisa menyaksikan kami lagi di sini di babak berikutnya," katanya.

Finis sebagai juara Grup D membuat Inggris akan tetap bertahan di Stadion Wembley. Pertandingan babak 16 besar Euro 2020 antara juara Grup D dan runner-up Grup F akan dimainkan di Stadion Wembley pada Selasa (29/6/2021) malam WIB.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(nds/ran)