Jelang Lawan Portugal, Prancis Dihantui Kekalahan Final Euro 2016

Lucas Aditya - Sepakbola
Rabu, 23 Jun 2021 17:20 WIB
Jakarta -

Portugal vs Prancis menjadi ulangan final Euro 2016. Les Bleus masih dibayang-bayangi kegagalan menjadi juara di kandang sendiri.

Di lanjutan Grup F Euro 2020, Portugal vs Prancis berlangsung di Puskas Arena, Budapest, Hungaria. Pertandingan itu dipentaskan, Kamis (24/6/2021) pukul 2.00 WIB.

Prancis mempunyai beban lebih ringan menatap duel dengan Portugal. Hasil imbang sudah cukup mengantarkan tim asuhan Didier Deschamps itu untuk melaju ke perempatfinal Euro 2020.

Kendati demikian, kenangan buruk di final Euro 2016 membayangi tim Ayam Jantan. Hal itu yang diungkapkan oleh bek sayap Prancis Lucas Digne.

Prancis menelan kekalahan 0-1 dari Portugal dalam final yang berlangsung di Stade France pada 10 Juli 2016. Laga itu sampai babak tambahan.

Cristiano Ronaldo cuma bermain 25 menit di laga itu. Dia dilanggar pemain Prancis Dimitri Payet hingga tak mampu melanjutkan laga. CR7 menyemangati rekan-rekannya dari bench.

[Gambas:Instagram]

Gol Portugal di laga itu hadir pada menit ke-109. Sepakan Eder dari luar kotak penalti menjadi penentu kemenangan A Selecao. Portugal menggengam Piala Eropa pertamanya.

"Itu bukan memori menggembirakan. Itu di Prancis, di negara kami, di depan para pendukung kami, jadi itu bukan memori membahagiakan," kata Digne seperti dikabarkan oleh situs UEFA.

Usai Euro 2016, Prancis sudah dua kali berhadapan dengan Portugal. Hasilnya, Antoine Griezmann cs memetik 1 kemenangan dan 1 hasil imbang.

Kemenangan Prancis atas Portugal dengan skor 1-0 di ajang UEFA Nations League pada 14 November 2020, berkat gol dari N'Golo Kante.

(cas/pur)