Ronaldo Pemain Eropa Pertama Tembus 20 Gol di Piala Eropa dan Piala Dunia

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Kamis, 24 Jun 2021 05:45 WIB
Jakarta -

Cristiano Ronaldo mengukir sebuah rekor ketika Portugal berimbang dengan Prancis. Ia jadi pemain Eropa pertama yang tembus 20 gol di Piala Eropa dan Piala Dunia.

Portugal berimbang 2-2 dengan Prancis dalam laga terakhir fase grup Euro 2020 di Puskas Arena, Budapes, Kamis (24/6/2021) dini hari WIB. Kedua gol Portugal dicetak Ronaldo lewat titik penalti.

Gol pertama yang dibuat Ronaldo pada menit ke-30 sudah membuatnya mengukir sebuah rekor. Ia adalah pemain Eropa pertama yang mencetak total 20 gol di Piala Eropa dan Piala Dunia (kombinasi).

Penyerang Juventus itu melewati catatan Miroslav Klose yang total membukukan 19 gol di dua turnamen besar itu. Satu gol lain pada menit ke-60 menegaskan posisinya sebagai penguasa rekor tersebut.

Selain itu, dengan lima gol di Euro 2020 sejauh ini, Ronaldo adalah pemain dengan gol terbanyak pada fase grup Piala Eropa sejak David Villa (4 gol) pada edisi 2008. Hanya Michel Platini yang pernah mencetak gol lebih banyak di babak grup satu tahap dengan tujuh gol di 1984.

Sepasang gol Ronaldo itu memastikan Portugal lolos lewat jalur empat tim posisi tiga terbaik. Finis di belakang Prancis dan Jerman di Grup F, A Selecao memuncaki daftar tim posisi tiga terbaik dengan empat poin.

Selanjutnya Portugal ditunggu partai berat lainnya melawan Belgia di Sevilla, Senin (28/6) dini hari mendatang.

(raw/mrp)