Ronaldo Sudah 109 Gol, Samai Rekor Ali Daei

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 24 Jun 2021 07:20 WIB
Budapest -

Cristiano Ronaldo tak hanya meloloskan Portugal ke 16 besar Euro 2020. Lewat dua golnya, Ronaldo kini menyamai rekor legenda Iran Ali Daei.

Ronaldo jadi starter saat Portugal menghadapi Prancis di laga ketiga Grup F yang dihelat di Puskas Arena, Kamis (24/6/2021) malam WIB. Portugal yang butuh kemenangan lantas unggul lewat penalti Ronaldo pada menit ke-31.

Tapi, keunggulan itu sirna di pengujung babak pertama saat Prancis menyamakan skor lewat penalti Karim Benzema. Gol kedua Benzema dua menit setelah jeda membawa Prancis berbalik unggul 2-1.

Portugal yang butuh satu poin untuk lolos tak menyerah dan mendapat penalti lagi di menit ke-60, yang dieksekusi sempurna oleh Ronaldo. Skor 2-2 bertahan hingga pertandingan berakhir.

Hasil ini cukup mengantarkan Portugal (4 poin) sebagai juara bertahan lolos ke perdelapan final Piala Eropa 2020, sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik. Prancis lolos sebagai juara grup dengan lima poin, ditemani Jerman.

Dua gol Ronaldo mengukuhkan dia di puncak daftar top scorer Piala Eropa kali ini dengan lima gol, tiga di antaranya dari penalti. Sepasang gol itu juga berarti besar bagi Ronaldo yang kini berhasil menyamai rekor Ali Daei sebagai pemain tersubur di level tim nasional.

Ronaldo dan Daei sama-sama mencetak 109 gol di timnas. Bedanya Ronaldo meraihnya dalam 178 pertandingan, sementara Daei lebih sedikit, yakni 145 pertandingan bareng Timnas Iran.

Tak cuma menyamai rekor gol Daei, Ronaldo juga mencatatkan rekor sebagai pemain Eropa pertama yang bikin minimal 20 gol di Piala Dunia dan Piala Eropa (gabungan). Ronaldo sudah bikin 21 gol, rinciannya 14 gol di Piala Eropa dan tujuh gol di Piala Dunia.

Ronaldo juga jadi pemain dengan jumlah gol terbanyak di fase grup Piala Eropa, lima gol, menyamai Michel Platini. Kira-kira bisakah Cristiano Ronaldo menjebol gawang Belgia di 16 besar Euro 2020 dan mencatatkan rekor baru?

Jangan lupa untuk mengikuti berita terbaru Piala Eropa 2020 hanya di link ini.

(mrp/raw)