Vermaelen: Belgia Beruntung Kalahkan Portugal

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Senin, 28 Jun 2021 08:00 WIB
Belgiums Thomas Vermaelen, left, and Portugals Cristiano Ronaldo challenge for the ball during the Euro 2020 soccer championship round of 16 match between Belgium and Portugal at the La Cartuja stadium in Seville, Spain,Sunday, June 27, 2021. (AP Photo/Thanassis Stavrakis, Pool)
Bek senior Belgia Thomas Vermaelen mengakui timnya beruntung bisa mengalahkan Portugal. (Foto: AP/Thanassis Stavrakis)
Sevilla -

Bek tengah Belgia Thomas Vermaelen mengungkapkan, Portugal sangat menyulitkan timnya. Menurut dia, Belgia beruntung bisa menang.

Vermaelen menjadi starter saat Belgia menantang juara bertahan Portugal di laga babak 16 besar Euro 2020. Bertanding di Olimpico de Sevilla, Senin (28/6/2021) dinihari WIB, Belgia menang dengan skor tipis 1-0 berkat gol Thorgan Hazard di babak pertama.

Pada pertandingan itu the Red Devils berhasil menang meskipun kalah superior. Dengan ball possession sebesar 43 persen, Belgia membuat enam percobaan (satu on target) sedangkan Portugal melepaskan 23 percobaan (4 on target) termasuk sekali percobaan yang mengenai mistar gawang dari Raphael Guerreiro.

Dengan hasil ini Belgia berhak lolos ke perempatfinal Euro 2020. Selanjutnya, pasukan Roberto Martinez itu akan menghadapi Italia di Allianz Arena, Munich sepekan lagi.

"Di babak pertama, kami bermain dengan garis pertahanan tinggi dan menekan Portugal," ungkap Vermaelen di Uefa.com. "Tapi melihat di babak kedua, kami beruntung bisa menang."

"Portugal membuat kami sangat kesulitan. Kami harus tetap fokus. Ini menghabiskan banyak energi kami, tapi kami punya waktu untuk memulihkan diri dan sekarang kami menantikan pertandingan melawan Italia," mantan bek Arsenal dan Barcelona itu mengatakan.

Pertemuan Belgia melawan Italia nanti adalah yang pertama kalinya dalam lima tahun. Sebelumnya, Belgia dipaksa mengakui keunggulan Gli Azzurri dengan skor 0-2 di fase grup Piala Eropa 2016, melalui gol-gol yang dibukukan Emanuele Giaccherini dan Graziano Pelle.

Di turnamen itu sendiri Belgia kandas di perempatfinal setelah disingkirkan Wales. Sama halnya dengan Italia usai kalah adu penalti dari Jerman.



Simak Video "11 Stadion Laga Euro 2020, Mana yang Ingin Kamu Kunjungi?"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/ran)