Euro 2020: Republik Ceko Yakin Banget Bisa Melaju Jauh

Lucas Aditya - Sepakbola
Senin, 28 Jun 2021 18:00 WIB
GLASGOW, SCOTLAND - JUNE 14: Patrik Schick of Czech Republic celebrates with Tomas Soucek and Jakub Jankto after scoring their sides first goal during the UEFA Euro 2020 Championship Group D match between Scotland v Czech Republic at Hampden Park on June 14, 2021 in Glasgow, Scotland. (Photo by Stu Forster/Getty Images)
Timnas Republik Ceko yakin bisa melaju jauh di Euro 2020. (Foto: Getty Images/Stu Forster)
Jakarta -

Republik Ceko menjadi salah satu kuda hitam di Euro 2020. Tim asuhan Jaroslav Silhavy yakin akan mampu melaju jauh di Piala Eropa kali ini.

Dalam pertandingan di Puskas Arena, Bucarest, Hungaria, Minggu (27/6/2021) malam WIB, Ceko menang 2-0 atas Belanda. Sebelum laga itu, mereka tak diunggulkan dibandingkan De Oranje.

Setelah imbang dengan Belanda di babak pertama, Ceko memecah kebuntuan pada menit ke-68. Tomas Holes yang menjadi pencetak gol pertama Ceko, digandakan oleh Patrick Schick berjarak 12 menit kemudian.

Gelandang Ceko, Tomas Soucek, menegaskan bahwa timnya sudah tahu dengan potensi yang dimiliki. Kini, mereka berhasrat besar untuk membuktikan diri dengan berupaya melaju sejauh mungkin di Euro 2020.

"Saya sangat bangga. Kami sudah bilang itu sejak lama, bahwa kami mempunyai chemistry yang luar biasa dan bahwa kami yakin pada diri kami bisa melaju jauh, dan hari ini kami menunjukkan itu," kata Soucek seperti dikabarkan oleh UEFA.

"Ini kesuksesan besar dan saya yakin bahwa ini bukan akhir. Kami bahagia bahwa kami yakin pada diri kami sendiri, dan terima kasih pada mereka yang juga seperti itu," kata dia menambahkan.

Usai menang atas Belanda, Ceko mendapatkan tepuk tangan dari suporter tim lawan. Pelatih Ceko, Silhavy, pun merasa bangga.

"Merupakan kehormatan besar kalau pendukung tim lawan mengapresiasi penampilan anda. Kami merinding hanya keluar saja dari lorong. Kami sangat senang untuk semua orang yang melawat ke sini untuk mendukung kami," kata Silhavy.

Ceko akan melawan Denmark di perempatfinal Euro 2020. Pertandingan itu akan berlangsung di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan, pada 3 Juli 2021.

(cas/krs)