Skor 3-3, Kroasia Vs Spanyol Lanjut ke Extra Time

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 29 Jun 2021 01:00 WIB
Spains Cesar Azpilicueta, front right, scored against Croatia during the Euro 2020 soccer championship round of 16 match between Croatia and Spain, at Parken stadium in Copenhagen, Denmark, Monday, June 28, 2021. (Wolfgang Rattay, Pool via AP)
Kroasia vs Spanyol lanjut ke extra time 2x15 menit setelah berimbang 3-3 (AP/Wolfgang Rattay)
Kopenhagen -

Dua gol Kroasia di lima menit akhir pertandingan membuat Spanyol harus berimbang 3-3 di waktu normal. Laga dilanjutkan ke extra time.

Spanyol menguasai pertandingan sejak menit awal dan berupaya mencetak gol secepatnya. Alvaro Morata, Pablo Sarabia, dan Ferran Torres diandalkan di depan.

Pada menit ke-13, Sarabia punya peluang untuk mencetak gol ketika mendapat umpan pendek dari Morata, tapi bola sepakannya dari sudut sempit hanya menyamping.

Tiga menit berselang, Pedri mengirimkan bola terobosan kepada Koke yang diteruskan dengan sepakan mendatang ke gawang. Dominik Livakovic dengan sigap menepisnya.

Kroasia yang banyak ditekan malah mampu unggul duluan di menit ke-20 karena kesalahan Unai Simon dalam menerima backpass dari Pedri.

Dalam posisi bebas di daerahnya, Simon malah tidak mampu menguasai bola dan membiarkannya masuk ke gawang. Gol itu membuat Kroasia bersemangat menekan balik Spanyol.

Di menit ke-24, Luka Modric mengirimkan umpan silang ke kotak penalti dan Nikola Vlasic yang lolos dari kawalan Jose Gaya menyambutnya. Beruntung untuk Spanyol, bola cuma menyasar sisi gawang.

Kesabaran Spanyol untuk mencari gol penyama kedudukan akhirnya berbuah hasil di menit ke-38. Serangan bertubi-tubi Spanyol membuat kemelut di kotak penalti Kroasia.

Jose Gaya jadi yang terakhir mengeksekusi sepakan keras dan Livakovic bisa menepisnya. Bola rebound dengan cepat disambar Pablo Sarabia ke langit-langit gawang.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Masuk di babak kedua, Spanyol masih mendominasi permainan untuk mencari gol. Kroasia memasukkan Andrej Kramaric untuk menambah daya gedor.

Spanyol berbalik unggul pada menit ke-57. Sarabia menggiring bola mendekati sepertiga akhir lapangan Kroasia sebelum mengirim umpan ke sisi kiri yang ditempati Torres.

Torres melepaskan crossing yang disambar kepala Azpilicueta di depan gawang Livakovic.

Setelah tertinggal, Kroasia berupaya menyamakan kedudukan dan nyaris mendapatkannya di menit ke-67. Nikola Vlasic memberikan bola terobosan kepada Josko Gvardiol yang berada bebas di depan gawang, tapi sepakannya bisa digagalkan Simon.

Morata sempat menjebol jala Kroasia pada menit ke-72 di tiang dekat usai meneruskan bola free kick, tap dianulir karena offside lebih dulu.

Spanyol menjauhkan keunggulan jadi 3-1 lima menit berselang, Diawali sepakan bebas Pau Torres dari daerah sendiri yang mengarah langsung ke sisi kanan penyerangan Spanyol.

Torres lolos dari perangkap offside untuk menerimanya. Usai melewati Gvardiol, Torres mudah saja menceploskan bola melewat sela kaki Livakovic.

Kroasia sukses memangkas jarak jadi 2-3 di menit ke-84 setelah Mislav Orsic menyepak bola saat terjadi kemelut di depan gawang Simon. Bola sempat dibuang Azpilicueta, tapi wasit menyatakan sudah melewati garis.

Laga pun kembali berjalan sengit di lima menit terakhir pertandingan, karena Kroasia mendapat harapan. Gol yang dinanti muncul juga di menit ke-92 ketika Mario Pasalic menjebol gawang Simon.

Azpilicueta gagal menjaga Orsic dengan baik sehingga dia bisa mengirimkan crossing yang disambut tandukan Pasalic di depan gawang.

Skor 3-3 bertahan hingga 90 menit laga tuntas dan babak extra time 2x15 menit harus dimainkan.

Susunan pemain

Kroasia: Dominik Livakovic; Josip Juranovic (Josip Brekalo 74'), Domagoj Vida, Duje Caleta-Car, Josko Gvardiol; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic (Ante Budimir 79'); Nikola Vlasic (Mario Pasalic 79'), Bruno Petkovic (Andrej Kramaric 46'), Ante Rebic (Mislav Orsic 67').

Spanyol: Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Eric Garcia (Pau Torres 72'), Aymeric Laporte, Jose Gaya (Jordi Alba 78'); Koke (Fabian Ruiz 78'), Sergio Busquets, Pedri; Ferran Torres (Mikel Oryazabal 88'), Alvaro Morata, Pablo Sarabia (Dani Olmo 72').

(mrp/yna)