Spanyol Menggila, Bikin Lima Gol Lagi

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 29 Jun 2021 02:34 WIB
Kopenhagen -

Spanyol menggila dan lolos ke perempatfinal Piala Eropa 2020 usai melibas Kroasia 5-3. Bikin lima gol lagi, Tim Matador masuk buku rekor.

Spanyol jadi unggulan saat menghadapi Kroasia pada babak 16 besar yang dihelat di Parken stadium, Senin (28/6/2021) malam WIB. Meski tampil dominan sedari menit awal, Spanyol harus kebobolan duluan di menit ke-20.

Pedri mengirimkan backpass yang tak diterima sempurnan oleh Unai Simon dan bola bergulir ke gawang Pablo Sarabia menyamakan skor 1-1 di menit ke-38.

Spanyol lantas berbalik memimpin 2-1 di menit ke-57 lewat gol Cesar Azpilicueta sebelum digandakan Ferran Torres di menit ke-77. Kroasia belum menyerah dan memaksa pertandingan lanjut ke extra time lewat dua gol Mislav Orsic di menit ke-85 serta Mario Pasalic di menit ke-92.

Tiket perempatfinal akhirnya diraih Spanyol setelah dua gol tambahan di masa extra time dicetak Alvaro Morata dan Mikel Oyarzabal.

Menang 5-3, Spanyol kini tinggal menunggu pemenang partai Prancis kontra Swiss yang dihelat beberapa jam setelahnya. Spanyol bisa melenggang bangga karena mampu bikin rekor baru.

La Furia Roja dikutip Squawka jadi tim pertama yang bikin lima gol di dua laga beruntun Euro. Sebelum ini, Spanyol melibas Slovakia 5-0 di matchday terakhir Grup E.

Mereka juga jadi tim pertama yang punya mencetak lima gol dibagi rata ke lima pemain berbeda di satu laga Piala Eropa.

"Kami seharusnya bisa menuntaskan laga ini lebih cepat, tapi kami bisa menunjukkan karakter tim ini. Ketika Kroasia mengubah sistem, mereka menumpuk pemain di depan dan kami tidak mampu beradaptasi dengan cepat," ujar kapten tim Sergio Busquets di situs resmi UEFA.

(mrp/pur)