Mbappe Memble

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 29 Jun 2021 06:15 WIB
Bukares -

Kylian Mbappe memble betul di Piala Eropa 2020. Sudah tidak ada gol, Mbappe juga bikin Prancis tersingkir di babak 16 besar.

Mbappe adalah bintang baru Prancis sejak performa hebatnya di level klub, berlanjut di Piala Dunia 2018. Pada turnamen empat tahunan itu, Mbappe dinobatkan sebagai pemain muda terbaik dan membawa negaranya juara.

Wajar kalau ekspektasi untuk Mbappe begitu tinggi saat tampil di Piala Eropa kali ini. Sebab, Mbappe kini sudah berstatus juara dunia dan dia semakin tokcer bareng Paris Saint-Germain.

Musim lalu, Mbappe membuat 42 gol dan 11 assist dari 47 penampilan. Dengan skuad 'wah' yang dimiliki Prancis, jelas Mbappe akan dimudahkan.

Apalagi, Prancis sudah memanggil Karim Benzema untuk menemaninya di lini serang. Tapi, harapan tinggal harapan, karena Mbappe justru mengecewakan di Euro 2020.

Prancis memang lolos sebagai juara grup, tapi mereka cuma menang sekali dan itu pun dengan skor 1-0 atas Jerman lewat gol bunuh diri Mats Hummels.

Sisanya, Prancis diimbangi Hungaria dan Portugal. Mbappe bak menghilang ditelan bumi karena tidak satupun gol dibuatnya sepanjang tiga laga.

Hal itu berlanjut saat Prancis menghadapi Swiss di babak 16 besar yang dihelat di National Arena, Bukarest, Selasa (29/6/2021) dini hari WIB.

Mbappe main jelek meski diturunkan full selama 120 menit di laga yang berakhir 3-3. Dari total enam attempts, tak satupun yang menjadi gol. Hanya satu assist dibuatnya untuk gol penyama kedudukan oleh Benzema.

Puncak nasib sialnya adalah saat Mbappe jadi penendang kelima dalam drama adu penalti. Sepakannya mudah dibaca Yann Sommer dan Prancis akhirnya tersingkir usai kalah adu penalti 4-5.

Mbappe resmi menuntaskan Piala Eropa pertamanya tanpa gol sama sekali! Ironisnya, Kylian Mbappe adalah pemain dengan total shots terbanyak tanpa gol, yakni 12!

Dia juga kerap melewatkan peluang emas di turnamen ini, sebanyak empat kali, hanya kalah dari Alvaro Morata sebanyak enam kali.

(mrp/pur)