Skor 1-1, Swiss Vs Spanyol Lanjut Extra Time

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 03 Jul 2021 00:57 WIB
Switzerlands Xherdan Shaqiri scores his sides opening goal during the Euro 2020 soccer championship quarterfinal match between Switzerland and Spain, at the Saint Petersburg stadium in Saint Petersburg, Friday, July 2, 2021. (Kirill Kudryavtsev, Pool via AP)
Skor 1-1, Swiss vs Spanyol lanjut ke extra time (AP/Kirill Kudryavtsev)
St Petersburg -

Laga Swiss vs Spanyol harus lanjut ke babak extra time 2x15 menit. Sebab begitu 90 menit waktu normal habis, skor 1-1.

Swiss langsung meladeni Spanyol sedari menit pertama dan coba memberikan kejutan. Lewat serangan dari sayap, Swiss memaksimalkan celah di pertahanan Spanyol yang memainkan high defense line.

Tapi, Spanyol justru unggul duluan di menit kedelapan, Dari korner Koke, bola gagal digapai Aymeric Laporte dan jatuh di kaki Jordi Alba. Dari depan kotak penalti, Alba menembak bola dan mengenai badan Denis Zakaria, sebelum mengecoh Yann Sommer.

Gol ini awalnya dihitung gol Alba, tapi UEFA memutuskan menjadi gol bunuh diri Zakaria karena bola berubah arah.

Meski unggul duluan, Spanyol justru kesulitan menciptakan peluang bersih di depan gawang Swiss. Sementara, Swiss banyak membahayakan lewat serangan balik serta bola mati.

Di menit ke-17, Spanyol mendapat peluang lagi saat free kick di depan kotak penalti dieksekusi Koke, tapi bola masih melayang di atas mistar.

Delapan menit berselang Cesar Azpilicueta memenangi duel udara dengan Manuel Akanji dan menyundul bola korner. Sayangnya tepat di tangkapan Sommer.

Xherdan Shaqiri dan Steven Zuber merepotkan pertahanan Spanyol lewat serangan dari sayap. Beberapa kali mereka mampu melepaskan crossing yang harus susah payah dihalau bek-bek Spanyol.

Tapi, tidak ada satu peluang yang memang membahayakan gawang Unai Simon. Hingga turun minum, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Spanyol.

Masuk di babak kedua, Spanyol masih mendominasi tapi lagi-lagi m ereka kesulitan untuk menciptakan peluang bersih. Meski sudah memainkan Dani Olmo dan Gerard Moreno demi menyegarkan lini serang, Spanyol malah buntu saat memasuki sepertiga akhir permainan.

Sementara, Swiss masih menyerang lewat counter attack yang membuat lini belakang Spanyol kerepotan. Satu peluang didapat Swiss pada menit ke-56 lewat tandukan Zakaria tapi masih melebar.

Di menit ke-64, Unai Simon untuk pertama kalinya melakukan penyelamatan saat menepis sepakan Steven Zuber dari jarak dekat.

Gawang Spanyol akhirnya kebobolan juga pada menit ke-69. Miskomunikasi antara Laporte dan Pau Torres membuat Remo Freuler merebut bola yang kemudian dioper ke Shaqiri di depan gawang. Dia mudah saja menceploskan bola ke pojok gawang.

Di saat Swiss sedang bersemangat setelah menyamakan skor 1-1, mereka malah kehilangan Freuler yang dikartumerah karena melakukan tekel dua kaki ke Gerard Moreno di menit ke-77.

Spanyol tak bisa memaksimalkan keunggulan jumlah pemain di sisa waktu normal dan harus memainkan lagi babak extra time 2x15 menit. Skor 1-1 bertahan.

Susunan pemain

Swiss: Yann Sommer; Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Silvan Widmer, Remo Freuler, Denis Zakaria, Steven Zuber; Xherdan Shaqiri (Djibril Sow 81'); Breel Embolo (Ruben Vargas 23'), Haris Seferovic (Mario Gavranovic 82').

Spanyol:Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Aymeric Laporte, Pau Torres, Jordi Alba; Koke (Marcos Llorente 91'), Sergio Busquets, Pedri; Ferran Torres, Alvaro Morata (Gerard Moreno 54'), Pablo Sarabia (Dani Olmo 46')

(mrp/raw)