Spanyol Ahlinya Adu Penalti di Piala Eropa

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 03 Jul 2021 03:10 WIB
Spains Mikel Oyarzabal, left, scores the winning penalty during the Euro 2020 soccer championship quarterfinal match between Switzerland and Spain at Saint Petersburg Stadium in St. Petersburg, Russia, Friday, July 2, 2021. (Anton Vaganov/Pool via AP)
Timnas Spanyol memang ahlinya adu penalti di Euro (AP/Anton Vaganov)
St Petersburg -

Timnas Spanyol lolos ke semifinal Piala Eropa 2020 usai menang adu penalti atas Swiss. La Furia Roja memang berjodoh dengan babak tos-tosan di turnamen ini.

Spanyol menghadapi Swiss pada perempatfinal yang dihelat di Kretovsky stadium, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB. Unggul cepat pada menit kedelapan lewat gol bunuh diri Denis Zakaria, Spanyol sepertinya bakal menang mudah.

Tapi, Swiss setelahnya mampu bertahan dengan baik dan meredam setiap serangan Spanyol. Hingga akhirnya skor jadi 1-1 di menit ke-68 usai Xherdan Shaqiri menjebol jala Unai Simon karena kesalahan bek-bek Spanyol.

Tak ada gol lagi tercipta hingga 120 menit laga tuntas, meski Spanyol punya banyak peluang di babak perpanjangan waktu 2x15 menit. Dalam drama adu penalti, dua penendang Spanyol sempat gagal, yakni Sergio Busquets dan Rodri.

Dari Swiss, ada tiga eksekutor gagal sebelum eksekusi Mikel Oryazabal memastikan kemenangan 3-1 dalam drama adu penalti. Spanyol tinggal menunggu pemenang partai Belgia dan Italia.

Bagi Spanyol, kelolosan lewat adu penalti bukanlah hal baru di turnamen besar. Meski pada adu penalti terakhirnya di Piala Dunia 2018 dikalahkan Rusia, Spanyol mampu memenangi enam dari 10 babak tos-tosan terakhir.

Di Piala Eropa, Spanyol bahkan memenangi empat dari lima adu penalti terakhirya. Bahkan tiga kemenangan di adu penalti itu berujung kelolosan mereka ke babak final, pada 1984 (lawan Denmark), 2008 (Italia), dan Portugal (2012).

Bisakan kali ini Spanyol melangkah lagi ke partai puncak Euro 2020? Kita tunggu saja.

"Ini adalah adu penalti paling tenang yang bisa saya lalui, karena kami mengerjakan semuanya dengan baik, melakukan yang sudah kami latih, dan saya serta tim pelatih tidak perlu melakukan apapun," ujar pelatih Spanyol Luis Enrique di situs resmi turnamen.

Simak video 'Kalahkan Swiss via Adu Penalti, Spanyol Melaju ke Semifinal Euro 2020'

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/yna)