ADVERTISEMENT

Awas, Italia Bisa Lebih Gila!

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 03 Jul 2021 09:15 WIB
Italian teammates celebrate scoring the opening goal during the Euro 2020 soccer championship quarterfinal match between Belgium and Italy at the Allianz Arena stadium in Munich, Germany, Friday, July 2, 2021. (AP Photo/Matthias Schrader, Pool)
Timnas italia bisa lebih gila lagi di Piala Eropa 2020 (AP/Matthias Schrader)
Munich -

Performa mantap Timnas Italia di Euro 2020 belum memuaskan Roberto Mancini. Dia yakin Gli Azzurri bisa lebih gila di semifinal.

Italia datang ke turnamen ini sebagai salah satu kandidat juara, tapi bukan berada di lima besar seperti Prancis, Portugal, Belgia, Jerman, atau Spanyol.

Sebab, Italia memang baru bangkit dari keterpurukan usai gagal ke Piala Dunia 2018. Tapi, di tangan Mancini, Italia malah menggila dan mencatatkan laju apik.

Sejak kualifikasi Piala Eropa 2020, Italia sudah melakukannya dengan menyapu bersih 10 pertandingan. Masuk ke fase grup, Italia juga mengalahkan Turki, Swiss, dan Wales, sebelum menundukkan Austria di babak 16 besar.

Ujian lantas datang di babak perempatfinal saat menghadapi peringkat 1 FIFA Belgia di Allianz Arena, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB. Italia lantas lulus dari adangan Belgia lewat kemenangan 2-1.

Bahkan Italia tampil trengginas di babak pertama dan unggul 2-0 duluan lewat Nicola Barella serta Lorenzo Insigne, sebelum penalti Romelu Lukaku memangkas skor.

Italia akhirnya lolos ke semifinal Piala Eropa pertamanya sejak edisi 2012. Italia lantas melanjutkan catatan kemenangan beruntun menjadi 13 laga serta masih tak terkalahkan di 32 laga terakhirnya!

Performa ini jelas membuncahkan harapan fans Italia bahwa negaranya bisa berjaya di turnamen kali ini. Mancini tahu itu, tapi dia merasa Giorgio Chiellini dkk belum tampil pada performa terbaiknya.

"Tim semakin membaik dari hari ke hari. Bahkan ketika harus menghadapi laga tricky seperti ini, tim selalu lebih baik lagi dan masih banyak ruang untuk berkembang kok," ujar Roberto Mancini seperti dikutip RTE.

"Itulah yang saya lihat dari skuad saya, keinginan untuk bermain baik, mencoba bangkit setelah kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018 - itu semua yang belguro memacu kami. Tapi, kami bisa lebih baik lagi," sambung Mancini.

Timnas Italia akan bertemu Spanyol di semifinal Euro 2020, Selasa (6/7) malam waktu setempat di Wembley.

(mrp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT