Bek-bek Tua Italia Boleh Juga

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Minggu, 04 Jul 2021 08:00 WIB
MUNICH, GERMANY - JULY 02: Romelu Lukaku of Belgium battles for possession with Giorgio Chiellini of Italy during the UEFA Euro 2020 Championship Quarter-final match between Belgium and Italy at Football Arena Munich on July 02, 2021 in Munich, Germany. (Photo by Christof Stache - Pool/Getty Images)
Bek Italia Giorgio Chiellini mengawal penyerang Belgia Romelu Lukaku di laga perempatfinal. (Foto: Getty Images/Christof Stache - Pool)
Jakarta -

Kemenangan atas Belgia di perempatfinal Euro 2020 membuktikan kembali bahwa Italia memang calon kuat juara. Bek-bek tua Italia ternyata masih begitu tangguh.

Italia menang 2-1 atas Belgia dalam laga perempatfinal Euro 2020 di Allianz Arena, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB. Gol dari Nicolo Barella dan Lorenzo Insigne hanya mampu dibalas sekali oleh Belgia lewat penalti Romelu Lukaku.

Fakta bahwa Belgia butuh penalti untuk sekadar menipiskan selisih sedikit banyak mengungkapkan betapa disiplinnya Italia saat bertahan. Padahal sempat ada kekhawatiran bahwa duet bek tengah veteran, Giorgio Chiellini (36 tahun) dan Leonardo Bonucci (34 tahun), bakal dieksploitasi oleh Romelu Lukaku yang kuat dan cepat.

Penyerang legendaris Inggris Alan Shearer terkesan dengan penampilan pertahanan Italia secara keseluruhan dan duet Chiellini-Bonucci secara khusus. Apalagi di akhir babak kedua, Belgia mendesak mereka untuk mencari gol penyama dan sukses dibuat frustrasi.

"Itu adalah pertandingan yang menakjubkan. Para pemain Italia harus menggunakan seluruh pengetahuan dan pengalaman mereka di 10-15 menit terakhir," ungkap Shearer kepada BBC dikutip Metro.

"Dua pemain tua di lini belakang tampil brilian. Sebelumnya sempat jadi pembicaraan apakah Lukaku akan mendapatkan celah di belakang mereka dan apakah mereka akan dihabisi lewat tusukan-tusukan cepat."

"Tapi mereka bermain tangguh dengan semua yang dilontarkan Belgia di 10-15 menit terakhir. Mereka luar biasa," ungkap mantan pemain tim nasional Inggris ini.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.



Simak Video "Kerumunan Suporter Inggris Jelang Final Euro 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/bay)