Maguire Mantap di Euro 2020 Juga Berkat Solskjaer

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 05 Jul 2021 18:00 WIB
ROME, ITALY - JULY 03: Harry Maguire of England applauds the fans following victory in the UEFA Euro 2020 Championship Quarter-final match between Ukraine and England at Olimpico Stadium on July 03, 2021 in Rome, Italy. (Photo by Alessandra Tarantino - Pool/Getty Images)
Maguire menjadi pemain penting Inggris di Piala Eropa 2020. Foto: Getty Images/Alessandra Tarantino - Pool
Jakarta -

Harry Maguire tampil baik sejauh ini bersama Inggris di Piala Eropa 2020. Manajer The Three Lions Gareth Southgate membeberkan rahasia di balik mantapnya performa bek Manchester United itu.

Maguire sempat ditepikan di dua laga penyisihan grup karena masih dalam pemulihan cedera. Namun saat sudah kembali tampil, ia mampu menjadi andalan dalam menjaga lini pertahanan, baik itu dalam formasi 3 atau 4 bek.

Lima laga berlalu, Inggris melaju ke semifinal dan belum kebobolan sejauh ini. Maguire juga memiliki kontribusi defensif yang tak kalah penting. Whoscored mencatat dari tiga laga yang sudah dimainkan, ia mencatat 9 sapuan, 3 intersep, sekali tekel sukses, dan 2 kali memenangi duel udara.

Untuk urusan menyerang, Maguire juga tak diam saja. Ia sudah 6 kali memenangi duel udara, mencatatkan 4 peluang lewat sundulan, satu di antaranya berbuah gol. Bisa dibilang, Maguire menjadi pemain andalan Southgate dalam upaya Inggris memenangi Euro 2020.

Soal penampilan Maguire yang sip, Southgate menyebut hal itu tak lepas dari statusnya sebagai kapten MU. Meski baru masuk di musim panas 2019, Solskjaer langsung menunjuknya sebagai kapten sewaktu Ashley Young cabut ke Inter Milan pada Januari 2020.

"Kami berhubungan baik dengan para pemain saat mereka sedang bersama klub masing-masing, kami berusaha berkontak sesering mungkin," kata Southgate, dikutip Metro.

MANCHESTER, ENGLAND - OCTOBER 28: Harry Maguire of Manchester United and Benjamin Henrichs of RB Leipzig  battle for the ball  during the UEFA Champions League Group H stage match between Manchester United and RB Leipzig at Old Trafford on October 28, 2020 in Manchester, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Clive Brunskill/Getty Images)Maguire menjadi kapten MU saat belum genap semusim membela Setan Merah. Foto: Getty Images/Clive Brunskill

"Saya menghormati klub-klub dan tak mau ikut campur, tapi ada masa-masa di mana ada hal tak diinginkan terjadi dan mereka butuh dukungan lebih."

Maguire sempat tersandung kasus kericuhan dan ditahan polisi saat berlibur ke Yunani pada musim panas tahun lalu, dan Southgate pun memberikan dukungan padanya, salah satunya dengan memberi waktu istirahat dari timnas.

"Awal musim ini sangat sulit untuk Harry dalam beberapa hal. Jadi amat luar biasa melihat dia muncul dengan rasa percaya diri lebih sebagai pemimpin. Kalian bisa lihat itu di dalam tim," lanjut Southgate.

"Menjadi kapten Manchester United adalah tantangan besar, tanggung jawab besar, tapi itu berhasil mengeluarkan kemampuannya. Kalian bisa lihat, dia lebih percaya diri, dan ada peningkatan darinya, bukan cuma permainan, tapi kedewasaan juga," jelas Southgate.

Maguire akan diandalkan lagi saat Inggris berjumpa Denmark di semifinal Piala Eropa 2020 di Wembley, London, Kamis (8/7/2021) pukul 02.00 WIB.

(adp/krs)