Inggris di Semifinal Euro: 2 Kali Gigit Jari, Termasuk Adu Penalti

Kris Fathoni W - Sepakbola
Senin, 05 Jul 2021 19:38 WIB
LONDON, UNITED KINGDOM - JUNE 08:  England player Paul Gascoigne (c) in thoughtful mood as players from left to right, Steve McManaman, Gareth Southgate, Gascoigne, Darren Anderton and Teddy Sherringham look on in the lineup before the game against Switzerland in the 1996 European Championships at Wembley Stadium on June 8, 1996 in London, England.  (Photo by Shaun Botterill/Allsport/Getty Images)
Skuad Inggris di Euro 96, Piala Eropa terakhir Inggris menembus semifinal sebelum melakukannya lagi tahun ini. (Foto: Getty Images/Shaun Botterill)
Jakarta -

Jelang Inggris vs Denmark di semifinal Euro 2020, berikut secuplik rekam jejak the Three Lions dalam dua kesempatan main di babak empat besar ajang tersebut sebelum ini.

Inggris Vs Denmark akan menjadi salah satu partai di babak empat besar gelaran Euro kali ini. Pemenang duel itu akan menghadapi tim yang berjaya dari semifinal lainnya, Italia vs Spanyol.

Dalam lajunya sampai semifinal, Inggris melangkah relatif mantap. Setelah jadi juara grup, tanpa terkalahkan dan kebobolan satu gol pun, skuad Tiga Singa mampu melibas lawan-lawannya di fase gugur.

Yang pertama ada Jerman yang berhasil disungkurkan dengan skor 2-0. Berikutnya giliran Ukraina dengan skor telak 4-0. Hal itu bikin belum ada sama sekali gol yang bersarang di gawang Inggris dalam menghadapi Denmark di semifinal Euro 2020.

Namun, dengan pertaruhan semakin besar dan gelaran Euro 2020 kian mendekati final, tensi boleh jadi jadi meninggi di laga Inggris vs Denmark. Termasuk buat Inggris, yang dalam sejarahnya belum pernah bisa sampai ke final.

Berikut rekam jejak Inggris di semifinal Piala Eropa, yang keduanya sama-sama berakhir dengan kekalahan, seperti dirangkum UEFA.com:

  • Euro 1968: Yugoslavia 1-0 Inggris

Setelah jadi juara Piala Dunia dua tahun sebelumnya, Inggris menjalani turnamen ini tanpa Geoff Hurst dan Nobby Stiles yang mengalami cedera. Kedua sosok itu adalah bagian penting skuad the Three Lions saat juara Piala Dunia 1966.

Laga lawan Yugoslavia di Stadio Comunale, Florence, pada 5 Juni 1968 sebenarnya berjalan relatif alot. Sampai akhirnya tiba gol penentu di menit ke-86.

Dragan Džajić berhasil menyelinap lolos dari kawalan Bobby Moore untuk menerima umpan silang dengan dadanya, sebelum kemudian menyepak si kulit bundar ke dalam gawang Inggris.

Inggris bukan cuma kalah di laga ini, tapi juga menyudahi pertandingan minus satu pemain setelah Alan Mullery dikartu merah wasit José María Ortiz de Mendíbil asal Spanyol jelang peluit akhir berbunyi.

  • Euro 1996: Jerman 1-1 Inggris (adu penalti: 6-5)

Nyaris tepat tiga dekade berlalu saat Inggris akhirnya kembali bisa menembus semifinal Piala Eropa. Gelaran Euro 1996 turut memunculkan optimisme buat publik Inggris karena dimainkan di negeri sendiri -- yang diharapkan bertuah seperti Piala Dunia 1966.

Laju skuad Terry Venables saat itu pun sedemikian menggelembungkan rasa percaya diri Inggris. Antara lain lewat kemenangan 4-1 atas Belanda di fase grup, yang turut memastikan Inggris menempati posisi teratas di fase tersebut.

Masuk ke perempatfinal, Inggris menjalani duel alot lawan Spanyol. Laga ini pun berhasil dilalui berkat kemenangan penalti 4-2 usai kedua tim bermain imbang 120 menit. Berikutnya ada Jerman di semifinal.

Menghadapi Jerman sang musuh bebuyutan, Inggris juga memulai dengan positif setelah sundulan Alan Shearer berhasil menemui sasaran. Tapi setelah itu Jerman menyamakan skor lewat Stefan Kuntz dan mulai ada tanda-tanda tak enak bagi Inggris. Bola tembakan Darren Anderton mengenai tiang gawang dan Paul Gascoigne, bintang Inggris saat itu, cuma nyaris meneruskan bola Shearer.

LONDON, UNITED KINGDOM - JUNE 26:  England player Gareth Southgate reacts after missing his penalty during the penalty shoot out, during the European Championship Finals semi final match between England and Germany at Wembley, on June 26, 1996 in London, England. Germany won the match on penalties.  (Photo by Stu Forster/Allsport/Getty Images)Ekspresi Gareth Southgate saat gagal menjadi algojo dalam adu penalti Euro 1966. Foto: Getty Images/Stu Forster

Pertandingan pada akhirnya masuk ke adu penalti. Lima penendang awal masing-masing kubu sukses menjalankan tugas. Rentetan itu terhenti di kaki Gareth Southgate, manajer Inggris saat ini, yang eksekusinya diblok Andreas Koepke. Andreas Moeller kemudian menghabisi nasib Inggris di Euro 1996 lewat eksekusinya.

Semifinal Euro 2020 Inggris vs Denmark
Kamis 8 Juli
02:00 dini hari WIB

(krs/nds)