Euro 2020: Spanyol Sulit Menang di Waktu Normal

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 05 Jul 2021 20:25 WIB
SAINT PETERSBURG, RUSSIA - JULY 02: Sergio Busquets of Spain encourages the team after singing the national anthem prior to the UEFA Euro 2020 Championship Quarter-final match between Switzerland and Spain at Saint Petersburg Stadium on July 02, 2021 in Saint Petersburg, Russia. (Photo by Kirill Kudryavstev - Pool/Getty Images)
Spanyol hanya sekali menang di waktu normal selama Piala Eropa 2020. Foto: Getty Images/Kirill Kudryavstev - Pool
Jakarta -

Spanyol hanya memenangi satu laga di waktu normal selama Euro 2020. Kapten La Furia Roja, Sergio Busquets tak menganggap itu sebagai masalah berarti.

Laju Spanyol memang bisa dibilang tak begitu mulus di awal. Mereka butuh kemenangan 5-0 atas Slovakia di laga ketiga penyisihan Grup E untuk memastikan lolos ke babak 16 besar. Sebelumnya, mereka ditahan imbang oleh Swedia dan Polandia.

Masuk ke fase gugur, Spanyol masih belum terkalahkan, namun butuh usaha ekstra untuk menang. Alvaro Morata dkk mengalahkan Kroasia 5-3 di 16 besar lewat laga 120 menit, dan butuh adu penalti untuk menyingkirkan Swiss di perempatfinal.

Satu hal lagi, Spanyol juga begitu mudah kehilangan keunggulan. Mereka sudah unggul 3-1 dari Kroasia, sebelum disamakan 3-3 di akhir babak kedua, memaksa terjadinya perpanjangan waktu.

Sementara saat melawan Swiss, keunggulan 1-0 disia-siakan lewat error di lini belakang antara Aymeric Laporte dan Pau Torres, yang berujung gol Xherdan Shaqiri. Saat Swiss bermain 10 orang karena kartu merah Remo Freuler, Spanyol juga gagal memanfaatkan momentum.

Busquets menyadari timnya masih butuh perbaikan, terlebih sudah masuk babak semifinal. Namun kesulitan menang di waktu normal tak lantas membuatnya khawatir.

"Setiap laga dimenangi di kotak penalti dan mengontrol situasi di area tersebut selalu menjadi tujuan kami," kata Busquets kepada Diario AS.

"Ada kalanya kami tak bisa mendominasi area tersebut, dan mungkin kehilangan keberuntungan atau kemampuan untuk menuntaskan peluang."

"Tapi melihat kembali gol dari Swiss di perempatfinal, saya menganggapnya hanya tidak beruntung saja, karena Laporte bertabrakan dengan Pau saat mencoba membuang bola, dan kami perlu memastikan situasi serupa tak menjadi kebiasaan," ujar gelandang Barcelona itu.

Spanyol akan melawan Italia untuk memperebutkan tiket ke final Piala Eropa 2020, Rabu (7/7/2021) pukul 02.00 WIB.

Perjalanan Spanyol ke semifinal Piala Eropa 2020

Fase Grup E

vs Swedia 0-0

vs Polandia 1-1

vs Slovakia 5-0

16 Besar

vs Kroasia 3-3 (5-3 lewat perpanjangan waktu)

Perempatfinal

vs Swiss 1-1 (3-1 lewat adu penalti)

(adp/krs)