Final Copa America 2021: Brasil Ditantang Argentina

Bayu Baskoro - Sepakbola
Rabu, 07 Jul 2021 11:07 WIB
Rio de Janeiro -

Copa America 2021 telah memainkan seluruh laga di babak semifinal. Hasilnya, juara bertahan Brasil akan ditantang musuh bebuyutannya, Argentina.

Semifinal Copa America 2021 berlangsung pada 6-7 Juli 2021. Ada empat tim yang bertanding di fase ini, yakni Brasil vs Peru dan Argentina vs Kolombia.

Brasil vs Peru digelar pertama di Stadion Nilton Santos, Selasa (6/7/2021) pagi WIB. Tim Samba memastikan tiket ke final berkat kemenangan tipis 1-0 atas Los Incas.

Lucas Paqueta menjadi pahlawan Brasil di fase semifinal. Pemain Olympique Lyon itu mencetak gol tunggal kemenangan Selecao di menit ke-35.

Bergeser ke pertandingan berikutnya, Argentina bersua Kolombia di Stadion Nacional de Brasilia, Rabu (7/7) pagi WIB. Kedua tim bermain imbang 1-1 hingga 2x45 menit.

Argentina unggul lebih dulu via gol Lautaro Martinez di babak pertama. Kolombia membalas di paruh kedua lewat sepakan gol Luis Diaz. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak adu penalti.

Argentina keluar sebagai pemenang berkat kemenangan 3-2 atas Kolombia di babak tos-tosan. Kiper Albiceleste, Emiliano Martinez, menjadi pahlawan setelah menggagalkan tiga eksekutor penalti Kolombia.

Dengan hasil ini, Argentina melaju ke partai pamungkas Copa America 2021. Lionel Messi dkk akan menantang Brasil selaku juara bertahan.

Ini menjadi laga ulangan kedua tim pada semifinal Copa America 2019. Saat itu, Brasil sukses mempecundangi Argentina 2-0 berkat gol Gabriel Jesus dan Roberto Firmino.

Brasil dan Argentina merupakan dua tim raksasa Amerika Latin yang memiliki rivalitas panjang. Kedua tim sudah bertemu sebanyak 111 kali di berbagai kompetisi sejak 1914.

Menilik rekor pertemuan kedua tim, Brasil lebih unggul atas Argentina. Tim Samba sudah meraih kemenangan 46 kali, sementara Argentina menang 40 kali dan 25 laga lainnya berakhir imbang.

Duel Argentina vs Brasil di final Copa America 2021 dijadwalkan berlangsung pada Minggu (11/7/2021) pagi WIB. Stadion Maracana menjadi arena pertarungan kedua tim untuk memperebutkan trofi juara.

(bay/mrp)