Mancini Kini Bawa Italia ke Final, Dulu 2 Kali Gagal sebagai Pemain

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 07 Jul 2021 17:25 WIB
Italys manager Roberto Mancini, left, celebrates after winning the Euro 2020 soccer championship semifinal match against Spain at Wembley stadium in London, England, Tuesday, July 6, 2021. (Carl Recine/Pool Photo via AP)
Roberto Mancini akhirnya melaju juga ke final pertamanya bareng Timnas Italia (AP/Carl Recine)
London -

Roberto Mancini boleh bersorak-sorai dengan keberhasilan Italia ke final Euro 2020. Sebab, Mancini pernah dua kali merasakan pahit kekalahan di semifinal semasa jadi pemain Gli Azzurri.

Mancini bersama Italia menghadapi Spanyol pada laga semifinal di Wembley, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. Ini adalah semifinal pertama Italia setelah Piala Eropa 2012 dan mereka tak mau membuang kesempatan.

Meski banyak ditekan Spanyol sepanjang pertandingan, Italia unggul duluan pada menit ke-60 lewat Federico Chiesa. Tapi, Alvaro Morata menyamakan skor di menit ke-80.

Setelah melalui 120 menit pertandingan, skor 1-1 bertahan dan adu penalti harus dilakukan untuk menentukan pemenang. Italia akhirnya lolos ke final usai menang 4-2 lewat babak tos-tosan.

Kelolosan yang disambut gembira para pemain Italia yang memang tidak jadi unggulan utama di turnamen ini. Tapi, Italia dalam perjalananya tampil sempurna, termasuk mengalahkan Belgia dan Spanyol yang merupakan kandidat juara.

Terlebih untuk Roberto Mancini, kesuksesan melaju ke final juga menyudahi catatan buruknya di partai semifinal. Selama kariernya sebagai pemain, Mancini selalu kandas di babak itu, yakni di Piala Eropa 1988 dan Piala Dunia 1980.

Mancini yang adalah striker Italia di masanya itu gagal di Piala Eropa 1988 setelah kalah 0-2 dari Uni Soviet. Mancini saat itu jadi duet striker bareng asistennya saat ini Gianluca Vialli.

Dua tahun berselang pada Piala Dunia yang dihelat di Italia, Mancini mentok di empat besar lagi setelah takluk dari Argentina lewat adu penalti 3-4, setelah berimbang 1-1.

Kini Mancini bisa menepuk dada, percobaan perdananya sebagai pelatih Italia langsung berbuah final. Pertanyaannya, bisakah Roberto Mancini membawa Italia berjaya di tanah Eropa? Kita tunggu saja.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(mrp/nds)