Penalti Gagal Locatelli Justru Untungkan Italia

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 07 Jul 2021 19:05 WIB
LONDON, ENGLAND - JULY 06: Unai Simon of Spain saves the first penalty from Manuel Locatelli of Italy during a penalty shoot out during the UEFA Euro 2020 Championship Semi-final match between Italy and Spain at Wembley Stadium on July 06, 2021 in London, England. (Photo by Andy Rain - Pool/Getty Images)
Tendangan penalti Manuel Locatelli yang gagal justru menyemangati Italia (Getty Images/Andy Rain - Pool)
London -

Italia sempat was-was di adu penalti saat tendangan Manuel Locatelli gagal. Tapi, hal itu justru jadi kunci kemenangan atas Spanyol di babak tos-tosan.

Italia dan Spanyol berhadapan pada laga semifinal di Wembley, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. Ini jadi ulangan perempatfinal lima tahun lalu di Prancis dan juga partai final di edisi 2012.

Keduanya adalah salah satu kandidat juara di turnamen. Spanyol bermain dominan sedari menit awal dan tak membiarkan Italia mengembangkan permainan. Tapi, lagi-lagi Spanyol kesulitan membuat gol.

Yang ada Italia malah unggul duluan pada menit ke-60 lewat Federico Chiesa. Tapi, Spanyol menyamakan skor pada menit ke-80 berkat gol Alvaro Morata. Setelah berimbang selama 120 menit, laga harus dituntaskan lewat adu penalti.

Italia kebetulan mendapat jatah pertama menendang dan diambil Manuel Locatelli. Sayangnya, sepakan Locatelli mampu dibaca Unai Simon yang bergerak ke arah tepat.

Ini jadi keuntungan harusnya untuk Spanyol saat Dani Olmo maju, tapi bola tendangannya melambung ke atas. Italia mendapat angin dan kemudian mampu menuntaskan empat penaltinya jadi gol.

Sementara, ada lagi pemain Spanyol yang gagal yakni Morata karena Gianluigi Donnarumma bisa menepisnya. Italia akhirnya melaju ke final setelah tembakan Jorginho mampu mengecoh Unai Simon.

Para pemain Italia pun lega bisa memenangi adu penalti setelah Locatelli gagal menunaikan tugasnya. Namun, hal itu dianggap jadi momentum untuk memberikan tekanan kepada Spanyol dan akhirnya terbukti Olmo tidak bisa mengeksekusinya.

"Cuma mereka yang tidak berani mengambil penalti, yang tidak gagal. Saya yakin bisa bikin gol. Jujur, kami tidak tahu siapa yang jadi eksekutor karena banyak pemain yang ingin mengambil," ujar bek Italia, Leonardo Bonucci, seperti dikutip situs resmi UEFA.

"Lima pemain sangat percaya diri. Pada akhirnya, saya rasa kami beruntung penalti Manuel Locatelli gagal mengeksekusi penalti pertamanya. Jadi kami justru membuat Spanyol tertekan," sambungnya.

(mrp/krs)