Mourinho: Inggris Tak Seharusnya Dapat Hadiah Penalti

Randy Prasatya - Sepakbola
Kamis, 08 Jul 2021 09:30 WIB
LONDON, ENGLAND - JULY 07: Harry Kane of England scores past Kasper Schmeichel of Denmark from the rebound of a saved penalty for their teams second goal during the UEFA Euro 2020 Championship Semi-final match between England and Denmark at Wembley Stadium on July 07, 2021 in London, England. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
Denmark diganjar penalti saat melawan Inggris di semifinal Euro 2020. (Foto: Getty Images/Laurence Griffiths)
London -

Jose Mourinho menilai bahwa Inggris tidak layak dapat hadiah penalti. Wasit Danny Makkelie pun tampaknya tidak bisa tidur nyenyak.

Inggris vs Denmark tersaji pada babak semifinal Euro 2020 yang berlangsung di Wembley, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB. Tim Dinamit unggul duluan lewat gol Mikkel Damsgaard dan Inggris menyamakan skor berkat bunuh diri Simon Kjaer.

Skor 1-1 bertahan di waktu normal dan laga harus ditambah 2x15 menit. Pada situasi ini The Three Lions dapat hadiah penalti di menit ke-104 yang sukses dieksekusi Harry Kane dan membawa Inggris ke final.

Sukses Inggris ini menjadi perdebatan terkait hadiah penalti karena Raheem Sterling jatuh di kotak penalti. VAR sempat meninjau keputusan wasit asal Belanda, Danny Makkelie.

LONDON, ENGLAND - JULY 07: Raheem Sterling of England is fouled by Mathias Jensen of Denmark inside the penalty area, leading to England being awarded a penalty during the UEFA Euro 2020 Championship Semi-final match between England and Denmark at Wembley Stadium on July 07, 2021 in London, England. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)Raheem Sterling jatuh di kotak penalti Denmark. Foto: Getty Images/Catherine Ivill

Dari tayangan ulang, Joakim Maehle tidak terlihat jelas melakukan kontak dengan Sterling. Di sisi lain ada Mathias Jensen yang juga menempel pemain milik Manchester City tersebut.

"Saya mengatakan apa yang saya lihat. Mungkin Anda tidak menyukai pendapat saya kali ini. Itu bukan penalti," kata Mourinho dalam wawancar dengan talkSport.

"Pada level ini, semifinal Euro, saya benar-benar tidak mengerti keputusan wasit. Saya kurang mengerti kenapa VAR tidak membawa wasit ke layar atau membatalkan keputusan. Bagi saya itu tidak pernah menjadi penalti," sambungnya.

"Saya mengatakan ini berdasarkan apa yang saya lihat dan saya tidak yakin wasit akan tidur nyenyak!"

Meski kecewa karena ada penalti kontroversi, pelatih AS Roma itu tetap menilai Inggris layak ke final. Tim besutan Gareth Southgate dianggap bermain fantastis.

"Tim terbaik menang, Inggris pantas menang dan fantastis. Tim terbaik menang, Inggris adalah tim yang lebih baik dari Denmark. Denmark bermain seperti yang saya harapkan dari mereka untuk bermain hingga batas kemampuan," Mourinho mengungkapkan.

"Inggris benar-benar bagus dan tidak diragukan lagi mereka pantas memenangkan pertandingan ini," tegasnya.

Inggris pada final Euro 2020 berhadapan dengan Italia di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Ini menjadi final pertama untuk The Three Lions dalam sejarah Piala Eropa.

Simak video 'Inggris Jumpa Italia di Final Euro 2020 Usai Tumbangkan Denmark':

[Gambas:Video 20detik]



(ran/pur)