Final Euro 2020: Italia Vs Inggris, Bagaimana Rekor Pertemuannya?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 08 Jul 2021 21:27 WIB
KIEV, UKRAINE - JUNE 24: Ashley Young of England is consoled by Steven Gerrard after his penalty miss the UEFA EURO 2012 quarter final match between England and Italy at The Olympic Stadium on June 24, 2012 in Kiev, Ukraine.  (Photo by Christopher Lee/Getty Images)
Rekor head-to-head Italia vs Inggris (Getty Images/Christopher Lee)
Jakarta -

Final Euro 2020 akan mempertemukan Italia vs Inggris. Bagaimana rekor pertemuan kedua raksasa Eropa tersebut?

Italia lebih dulu lolos ke final setelah menyingkirkan Spanyol di Wembley, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. Italia menang lewat adu penalti dengan skor 4-2 setelah berimbang 1-1 selama 120 menit.

Sehari setelahnya, Inggris menyusul lewat kemenangan 2-1 atas Denmark lewat babak perpanjangan waktu. Inilah final Euro 2020, final impian yang ditunggu banyak fans sepakbola di dunia.

Sebab, Italia dan Inggris memang tampil prima di kompetisi ini serta punya keunikan: lini belakang yang kukuh. Italia baru kebobolan tiga gol dari enam pertandingan.

Inggris bahkan lebih tangguh karena baru kebobolan di babak semifinal setelah clean sheet di lima laga beruntun. Ini adalah pertemuan pertama kedua tim di babak final turnamen besar, tapi bukan yang pertama secara keseluruhan.

Sebelum ini, Italia dan Inggris sudah 27 kali bertemu di seluruh kompetisi. Tentu saja Italia lebih unggul dalam jumlah kemenangan, yakni 10 berbanding delapan milik Inggris. Sementara, sembilan laga lainnya berakhir imbang.

Jika dilihat catatan pertemuannya, jelang Final Euro 2020, duel kedua tim nyaris berimbang dan cenderung ketat. Tapi, jika bicara soal turnamen besar, Italia masih superior ketimbang Inggris karena selalu memenangi empat pertemuan sebelumnya.

Diawali pada Euro 1980 saat Italia menang 1-0 atas Inggris lewat gol Marco Tardelli. Pada Piala Dunia 1990, Italia juga berhasil menaklukkan Inggris di perebutan tempat ketiga lewat gol Roberto Baggio dan Salvatore Schillaci dengan skor 2-1.

Pada Euro 2012, Italia menaklukkan Inggris di babak perempatfinal lewat adu penalti setelah berimbang 0-0. Lalu, yang terakhir di Piala Dunia 2014, Italia menang 2-1 atas Inggris di fase grup.

Setelah itu Italia tak pernah lagi bertemu Inggris di turnamen besar. Duel di Wembley akhir pekan ini bisa jadi momentum bagus kedua tim membuktikan diri siapa yang terbaik di Benua Biru tahun ini.

Nah, kira-kira menurut Anda siapa bakal menang?

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini

(mrp/aff)