Messi Mantap, tapi Emiliano Martinez Tak Kalah Memikat!

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Minggu, 11 Jul 2021 16:00 WIB
RIO DE JANEIRO, BRAZIL - JULY 10: Emiliano Martinez of Argentina smiles with the best goalkeeper award after winning the final of Copa America Brazil 2021 between Brazil and Argentina at Maracana Stadium on July 10, 2021 in Rio de Janeiro, Brazil. (Photo by Buda Mendes/Getty Images)
Emiliano Martinez kunci kemenangan Argentina di final Copa America 2021 (Getty Images/Buda Mendes)
Rio de Janeiro -

Bukan cuma Lionel Messi aktor di balik keberhasilan Argentina juara Copa America 2021. Tapi, ketangguhan Emiliano Martinez di bawah mistar juga berperan.

Argentina berhasil menjuarai Copa America usai mengalahkan rivalnya Brasil di stadion Maracana, Minggu (11/7/2021) pagi WIB, dengan skor 1-0. Satu-satunya gol dibuat Angel Di Maria di menit ke-22.

Ini jadi kemenangan yang sudah lama dinanti Argentina setelah menunggu 28 tahun untuk meraih trofi mayor lagi. Sebelum ini Argentina terakhir menjuarai ajang besar pada Copa America 1993.

Terkhusus untuk Lionel Messi yang selama ini dianggap tidak mampu membawa negaranya berprestasi dan lebih jago jika main di Barcelona. Peran Messi begitu besar dalam keberhasilan Argentina jadi juara.

Dia membuat empat gol dan lima assist, terlibat dalam hadirnya sembilan gol dari 12 gol Argentina sepanjang turnamen. Tapi, bukan cuma Lionel Messi, sebab ada satu pemain penting Argentina yang punya peran krusial, dia adalah Emiliano Martinez.

Ya, tanpa kiper Aston Villa tersebut, Argentina bisa saja tidak lolos ke final. Penyelamatan demi penyelamatan dibuat Martinez yang tampil prima di bawah mistar. Martinez dinobatkan sebagai kiper terbaik di turnamen ini.

Statistiknya? Martinez adalah kiper dengan clean sheet terbanyak, yakni empat dan jadi kiper Argentina pertama yang memenangi award itu. Dia juga membuat rasio penyelamatan 85,71 persen dari peluang yang mengarah ke gawangnya!

Performa mantap ini melanjutkan musim gemilang Martinez bersama Aston Villa di 2020/2021. Dia meraih 15 clean sheet sepanjang musim, cuma kalah dari kiper Manchester City Ederson.

Dengan demikian, Argentina tak perlu khawatir lagi soal sektor kiper karena Martinez bakal awet di sana. Mungkin Arsenal yang harus menyesali keputusannya melepas Emiliano Martinez ke Villa musim panas lalu dan malah mempertahankan Bernd Leno.

(mrp/krs)