Gol Cepat Luke Shaw Tak Cukup Runtuhkan Mental Italia

ADVERTISEMENT

Gol Cepat Luke Shaw Tak Cukup Runtuhkan Mental Italia

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Senin, 12 Jul 2021 10:17 WIB
LONDON, ENGLAND - JULY 11: Luke Shaw of England scores their sides first goal past Gianluigi Donnarumma of Italy during the UEFA Euro 2020 Championship Final between Italy and England at Wembley Stadium on July 11, 2021 in London, England. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
Italia sempat tertinggal dari Inggris di final Euro 2020 usai Luke Shaw mencetak gol di menit kedua (Foto: Getty Images/Laurence Griffiths)
London -

Italia sempat menghadapi jalan terjal di final Euro 2020 usai kebobolan di awal laga. Namun, Italia menunjukkan ketangguhan mental hingga akhirnya jadi juara.

Duel Italia vs Inggris di final Euro 2020 digelar di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Inggris sempat berada di atas angin setelah Luke Shaw mencetak gol saat laga baru berjalan dua menit.

Umpan silang Kieran Trippier dari sisi kanan mengarah ke Luke Shaw yang berdiri bebas di tiang jauh. Shaw kemudian menyambar bola untuk menaklukkan Gianluigi Donnarumma.

Upaya Italia untuk menyamakan kedudukan baru membuahkan hasil pada menit ke-67. Leonardo Bonucci menjebol gawang Inggris usai memanfaatkan kemelut di depan gawang yang bermula dari tendangan sudut.

Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal habis dan membuat laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu. Di extra time, tak ada gol yang tercipta sehingga pertandingan harus ditentukan lewat adu penalti.

Di babak adu penalti, Italia akhirnya menang 3-2 atas Inggris. Donnarumma menepis tendangan eksekutor terakhir Inggris, Bukayo Saka, untuk memastikan Italia juara Euro 2020.

Gianluigi Donnarumma mengakui kalau gol cepat Luke Shaw bisa saja membuat Italia terpuruk. Namun, Italia menolak untuk menyerah.

"Kami luar biasa, kami tidak akan membiarkan ini lepas. Seperti yang selalu dibilang Acerbi, kami cuma berjarak satu sentimeter dan kami berhasil," ujar Donnarumma kepada RAI Sport seperti dilansir Football Italia.

"Anda semua tahu dari mana kami mulai, kami pantas mendapatkannya. Gol di awal pertandingan itu bisa saja membunuh kami, tapi kami tidak seperti itu. Kami adalah yang tidak pernah menyerah."

"Anda bisa kebobolan, itu tidak mudah, karena Inggris bertahan dengan baik, tapi kami spektakuler dan kami pantas mendapat semua ini," kata Donnarumma.

Italia juara Euro 2020, ini jadi gelar mereka yang kedua di kompetisi antarnegera Eropa itu. Sebelumnya, Gli Azzurri juara di Piala Eropa 1968.

Simak video 'Italia Juara Euro 2020!':

[Gambas:Video 20detik]



(nds/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT