Donnarumma Pembawa Hoki Saat Adu Penalti

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 12 Jul 2021 14:07 WIB
Italys goalkeeper Gianluigi Donnarumma makes a save against Englands Jadon Sancho during penalty shootout of the Euro 2020 soccer championship final match between England and Italy at Wembley Stadium in London, Sunday, July 11, 2021. (Paul Ellis/Pool via AP)
Gianluigi Donnarumma memang mujur di adu penalti (AP/Paul Ellis)
London -

Gianluigi Donnarumma kembali jadi pahlawan Italia di babak adu penalti. Donnarumma memang membawa keberuntungan di babak tos-tosan.

Donnarumma adalah faktor penting melajunya Italia ke final Euro 2020. Pada laga semifinal kontra Spanyol, Donnarumma menyelamatkan satu penalti Spanyol yakni Alvaro Morata.

Hingga Jorginho dengan mudah menunaikan tugasnya sebagai eksekutor terakhir dan membuat Italia menang 4-2. Kepiawaian Donnaruma kembali diuji pada laga final kontra Inggris di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Memang gawang Donnarumma kebobolan duluan pada menit kedua oleh gol Luke Shaw, tapi setelah itu Italia tampil dominan. Donnarumma relatif tak bekerja keras sepanjang 90 menit.

Italia menyamakan kedudukan 1-1 lewat Leonardo Bonucci pada menit ke-62. Usai bermain imbang sepanjang 120 menit, laga harus dituntaskan lewat adu penalti.

Donnarumma unjuk gigi lagi ketika dia menepis dua dari lima eksekutor Inggris, yakni Jadon Sancho dan Bukayo Saka.. Satu penalti Inggris yang gagal, Marcus Rashford, menerpa tiang.

Ketika Donnarumma sukses menepis bola tendangan Saka, para pemain Italia langsung mengerubunginya karena tahu mereka sudah jadi juara.

Tak salah jika Donnarumma akhirnya didapuk sebagai pemain terbaik turnamen ini. Pasalnya, Donnarumma cuma kebobolan empat gol, dua di antaranya bahkan dari bola mati.

Selain itu, Gianluigi Donnarumma membuktikan kalau dia memang pantas diandalkan. Dari lima adu penalti terakhir yang ditemuinya, Donnarumma memenangi semuanya di level klub dan timnas.

Tiga bersama AC Milan saat mengalahkan Rio Ave di Play-off Liga Europa dan Torino di babak 16 besar Coppa Italia musim lalu, dan semifinal Coppa Italia 2017/2018 kontra Lazio.

Sementara dua bersama Italia adalah di Euro kali ini menghadapi Spanyol dan Inggris.

"Saya beruntung bisa bermain bareng Gianluigi Buffon. Sekarang sama saja, saya bermain dengan Donnarumma," ujar kapten Italia Giorgio Chiellini seperti dikutip situs resmi UEFA.

(mrp/aff)