Mourinho Klaim Pemain Inggris Dicoret karena Tolak Ambil Penalti

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Selasa, 13 Jul 2021 22:20 WIB
LONDON, ENGLAND - JULY 11: Jadon Sancho of England interacts with Jack Grealish of England and Raheem Sterling of England during the penalty shoot out during the UEFA Euro 2020 Championship Final between Italy and England at Wembley Stadium on July 11, 2021 in London, England. (Photo by Carl Recine - Pool/Getty Images)
Pemain Inggris bakal dicoret karena tolak ambil penalti (Getty Images/Carl Recine - Pool)
Roma -

Jose Mourinho menyoroti mentalitas pemain senior Inggris di final Euro 2020. Dia juga mengklaim ada pemain Inggris yang dicoret karena ogah mengambil penalti.

Inggris dipaksa menjadi runner-up Piala Eropa setelah kalah adu penalti 2-3 dari Italia menyusul hasil seri 1-1 sampai extra time. Kekalahan itu menyisakan tanda tanya karena Bukayo Saka maju sebagai penendang terakhir Tiga Singa, sepakannya ditepis lalu Italia juara.

Tidak sedikit yang menyalahkan pelatih Gareth Southgate. Sedangkan Mourinho menilai ada pemain-pemain senior yang seharusnya mengambil penalti krusial tersebut seperti Raheem Sterling, John Stones, atau Luke Shaw bukannya Saka, yang masih berusia 19 tahun.

Dengan komentar Mourinho itu bisa jadi mentalitas pemain-pemain Inggris yang lebih senior tak cukup kuat untuk mengambil penalti di momen krusial sehingga Southgate tidak punya pilihan untuk menunjuk Saka. Pelatih yang kini menangani AS Roma itu mengklaim kasus serupa sudah terjadi di Piala Dunia 2018.

"Dan karena saya merasa Gareth itu orang yang jujur dan sangat protektif terhadap para pemainnya, saya tidak percaya Gareth akan bilang kalau 'Pemain A' atau 'Pemain B' kabur atau bersembunyi, atau bilang mereka tidak siap mengambil penaltinya," ungkap Mourinho kepada TalkSPORT.

"Karena, jangan tanya saya karena saya tidak akan mengatakannya kepada Anda, tapi saya diberi tahu 100 persen, bahwa seorang pemain yang bisa saja di tim ini dan nyatanya tidak ada di tim ini, salah satu alasannya adalah ketika di semifinal Piala Dunia lalu dia seharusnya mengambil penalti dan dia menolak," beber mantan pelatih Chelsea, Manchester United, dan Tottenham Hotspur itu.

"Jadi kadang-kadang situasi seperti ini terjadi dan orang-orang jujur seperti Gareth tidak membongkar si pemain. Saya tidak tahu pada kasus ini, saya sungguh tidak tahu, tapi saya pikir itu tidak masalah apakah Anda seorang penendang penalti yang hebat atau bukan," simpul Mourinho.

Lalu siapa orangnya? Well, ada beberapa pemain di skuad Inggris untuk Piala Dunia 2018 yang absen di Euro kali ini. Mereka adalah Eric Dier, Jesse Lingard, Dele Alli, dan Trent Alexander-Arnold. Pemain yang disebut terakhir terpaksa melewatkan turnamen ini karena cedera.



Simak Video "Adu Gaya Fashion Timnas Inggris Vs Italia Jelang Final Euro 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/aff)