Kata Jorginho soal Peluangnya Dapat Ballon d'Or

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Rabu, 14 Jul 2021 06:40 WIB
Italys Jorginho celebrates after defeating England in a penalty shootout at the Euro 2020 soccer championship final at Wembley stadium in London, Sunday, July 11, 2021. (John Sibley/Pool Photo via AP)
Jorginho dinilai pantas jadi kandidat pemenang Ballon d'Or usai membawa Chelsea dan Italia jadi juara (Foto: AP/John Sibley)
Jakarta -

Jorginho dinilai pantas dapat Ballon d'Or usai membawa Chelsea dan Italia jadi juara. Apakah Jorginho berharap bisa meraihnya?

Jorginho jadi salah satu pilar penting Italia di Euro 2020. Gelandang kelahiran Brasil itu begitu kuat sebagai benteng pertahanan pertama Italia sekaligus mampu menjaga ritme permainan.

Jorginho mencatatkan rekor di Euro 2020 sebagai pemain yang paling banyak melakukan intersep di satu edisi Piala Eropa. Dia juga sempat jadi penentu kemenangan Italia atas Spanyol di babak adu penalti di semifinal.

Sebelum membawa Italia juara Euro 2020, Jorginho juga sukses bersama Chelsea. Gelandang berusia 29 tahun itu ikut mengantar The Blues menjuarai Liga Champions.

Dua prestasi mentereng itu membuat Jorginho disebut-sebut pantas jadi kandidat peraih Ballon d'Or. Mantan pelatih Jorginho di Napoli dan Chelsea, Maurizio Sarri, menyebut eks anak didiknya itu 'membuat segalanya jadi mudah'.

Soal peluangnya meraih Ballon d'Or, Jorginho menyebut itu tergantung kriteria. Meski mengakui dirinya bukan pemain terbaik di dunia, Jorginho berani diadu kalau soal gelar juara.

"Kita hidup untuk mimpi-mimpi. Tapi saya akan jujur saja: itu tergantung kriteria yang mengarah ke penentuan," ujar Jorginho kepada SportTV seperti dilansir Football Italia.

"Kalau kita bicara soal talenta, saya sadar saya bukan yang terbaik di dunia. Kalau Anda memilih berdasarkan gelar juara, well, tidak ada yang juara lebih banyak daripada saya musim ini."

"Bagaimana saya akan membandingkan diri dengan (Lionel) Messi, Cristiano Ronaldo, atau Neymar? Mereka pupnya karakteristik yang berbeda, tapi sekali lagi, itu tergantung kriteria," kata Jorginho.

Lionel Messi diprediksi akan jadi pesaing Jorginho dalam perebutan Ballon d'Or. Messi berperan penting dalam kesuksesan Argentina menjuarai Copa America 2021 dan mencetak 38 gol dan 14 assist untuk Barcelona di sepanjang 2020/2021.

(nds/ran)