Daftar Negara Peserta Sepakbola Olimpiade Tokyo 2020/2021

Tim detikcom - Sepakbola
Kamis, 15 Jul 2021 17:45 WIB
TOKYO, JAPAN - JANUARY 21: The Olympic rings are seen outside the  New National Stadium in Tokyo on January 21, 2020 in Tokyo, Japan. (Photo by Clive Rose/Getty Images)
Daftar Negara Peserta Sepakbola Olimpiade Tokyo 2020/2021. Foto: Photo by Clive Rose/Getty Images
Jakarta -

Berikut daftar negara peserta sepakbola Olimpiade Tokyo 2020, yang baru digelar tahun 2021 ini lantaran terimbas pandemi, untuk tim putra maupun tim putri.

Olimpiade Tokyo awalnya dijadwalkan berlangsung pada 24 Juli-9 Agustus 2020. Tapi pada bulan Maret, pesta olahraga multicabang sedunia ini diumumkan tertunda akibat pandemi COVID-19.

Barulah tahun ini Olimpiade Tokyo akan dilangsungkan pada tanggal 23 Juli-8 Agustus 2021. Nama resminya tetap Olimpiade 2020, sesuai kepentingan pemasaran dan branding.

Cabang olahraga sepakbola menjadi salah satu yang akan dipertandingkan di gelaran Olimpiade Tokyo ini. Seperti biasa, ada tim putra dan putri yang akan bertanding berebut medali.

Total 28 negara dari enam konfederasi dunia akan bersaing memperebutkan medali Olimpiade untuk tim putra dan putri musim panas ini.

Berikut daftar negara peserta sepakbola Olimpiade Tokyo 2020:

Tim Putra (16 tim)

Grup A
Jepang, Afrika Selatan, Meksiko, Prancis

Grup B
Selandia Baru, Korea Selatan, Honduras, Romania

Grup C
Mesir, Spanyol, Argentina, Australia

Grup D
Brasil, Jerman, Pantai Gading, Arab Saudi

Tim Putri (12 tim)

Group E
Jepang, Kanada, Inggris Raya, Chile

Group F
China, Brasil, Zambia, Belanda

Group G
Swedia, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru

Dari daftar negara peserta sepakbola Olimpiade Tokyo 2020 tersebut, tim putra Brasil akan berusaha mempertahankan medali emas yang sebelumnya diraih pada Olimpiade 2016. Pemain veteran Dani Alves pun menjadi salah satu yang akan turut membantu.

Sementara itu di tim putri, Jerman yang merupakan juara bertahan tidak berkesempatan mempertahankan gelar. Itu karena mereka gagal lolos kualifikasi.

Dari pemain di tim putri, tak ada restriksi usia untuk pemainnya. Sementara di tim putra, skuadnya akan diisi pemain di bawah usia 24 tahun (atau lahir pada 1 Januari 1997 dan setelahnya) plus maksimal tiga pemain senior di luar restriksi usia tersebut.

(krs/yna)