Hasil Jepang Vs Meksiko di Olimpiade Tokyo 2020: Samurai Biru Berjaya

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Minggu, 25 Jul 2021 20:52 WIB
Saitama -

Jepang kembali tampil apik di cabor sepakbola Olimpiade Tokyo 2020. Menghadapi Meksiko, Samurai Biru menang dengan skor 2-1.

Berbekal kemenangan 1-0 atas Afrika Selatan di laga pembuka Grup A, Jepang bertemu Meksiko di Saitama stadium, Minggu (25/7/2021) malam WIB. Jepang masih mengandalkan Takefusa Kubo dan Ritsu Doan di lini serang.

Maya Yoshida mengawal lini belakang sebagai kapten tim. Meksiko yang mengalahkan Prancis 4-1 di laga perdana diunggulkan, tapi mereka dikejutkan gol cepat Kubo pada menit keenam.

Diawali serangan dari sisi kanan yang dibandung Hiroki Sakai, bola dikirim ke kotak penalti lewat umpan mendatar. Kubo yang muncul dari belakang dengan jitu menembak ke pojok gawang Guilermo Ochoa.

Belum sempat Meksiko bangkit, gawang mereka sudah kebobolan lagi pada menit ke-12. Kali ini pelanggaran Cesar Montes kepada Yuki Soma berbuah penalti. Wasit sempat melihat VAR dulu sebelum memutuskan pelanggaran.

Ritsu Doan yang jadi eksekutor sukses mengecoh Ochoa untuk membuat skor jadi 2-0. Setelah unggul dua gol, Jepang bermain rapat dan membiarkan Diego Lainez dkk menguasai pertandingan.

Meski Meksiko punya penguasaan bola sampai 63 persen dan membuat 10 attempts, tapi mereka kesulitan menembus ketatnya pertahanan Jepang. Begitu pula di babak kedua, Meksiko masih belum bisa menciptakan gol.

Bahkan Meksiko harus kehilangan satu pemain setelah Johan Vasquez dikartumerah pada menit ke-68 karena melanggar Ritsu Doan. Meksiko baru bisa bikin gol pada menit ke-85 usai Roberto Alvarado menjebol jala Kosei Tani lewat tendangan bebas dari sisi kiri, yang meluncur deras ke gawang.

Hingga pertandingan berakhir, jepang tetap menang 2-1 dan mengukuhkan posisi di puncak klasemen Grup A dengan enam poin, unggul tiga poin dari Meksiko dan Prancis di urutan ketiga serta keempat.

Jepang cuma butuh hasil seri saat bertemu Prancis di partai terakhir 28 Juli di Yokohama International stadium, untuk lolos sebagai juara grup.

(mrp/mrp)