Petuah Gianluigi Buffon untuk Gianluigi Donnarumma

Bayu Baskoro - Sepakbola
Senin, 26 Jul 2021 04:00 WIB
FLORENCE, ITALY - NOVEMBER 10:  Gianluigi Donnarumma and Gianluigi Buffon (R) chat during the training session at the clubs training ground  at Coverciano on November 10, 2016 in Florence, Italy.  (Photo by Claudio Villa/Getty Images)
Gianluigi Donnarumma dan Gianluigi Buffon. (Foto: Getty Images Sport/Claudio Villa)
Paris -

Gianluigi Buffon memberi nasihat bijak kepada Gianluigi Donnarumma. Dia meminta kiper anyar Paris Saint-Germain itu tahan banting menghadapi segala tekanan.

Donnarumma menjadi pahlawan Timnas Italia di Piala Eropa 2020. Penjaga 22 tahun itu mampu menepis dua eksekutor Inggris di laga final, sekaligus mengantarkan Gli Azzurri juara.

Tidak hanya itu, Donnarumma juga berhasil menyabet gelar pemain terbaik Euro 2020. Mantan pemain AC Milan tersebut tidak kebobolan selama fase grup, serta tampil brilian di adu penalti melawan Spanyol dan Inggris.

Tak lama selepas membawa Italia juara Eropa, Gianluigi Donnarumma resmi bergabung ke Paris Saint-Germain. Dia diikat kontrak selama lima tahun bersama Les Parisiens.

Bergabungnya Donnarumma ke PSG disambut pro dan kontra dari berbagai pihak. Salah satu kritik diberikan Antonio Cassano, yang menilai Donnarumma sebagai kiper terbaik seharusnya bermain di klub yang lebih top daripada tim Prancis tersebut.

Sementara itu, Gianluigi Buffon menjadi pihak yang memberikan dukungan kepada Donnarumma. Mantan kiper PSG tersebut bahkan menasihati kompatriotnya supaya bisa mengatasi ekspektasi yang diberikan, sebagaimana yang pernah dia rasakan dulu di Parc des Princes.

Buffon sempat satu musim membela PSG pada 2018/2019 dan sukses membawa timnya juara Liga Prancis. Namun, dia mendapat kritikan lantaran gagal total di Liga Champions, menyusul kekalahan PSG dari Manchester United pada babak 16 besar.

"Saya memainkan musim yang hebat di Paris. Saya membuat kesalahan di Liga Champions dan itu dibayar mahal," kata Buffon kepada La Gazzetta dello Sport.

"Kami tidak kalah 0-1 dalam pertandingan itu, tapi kami tumbang 1-3. Itu adalah malam yang buruk bagi semua orang," sambungnya.

"Saya sudah berada di posisi berbahaya sejak berusia 17 tahun. Itu terjadi di Juventus, PSG dan bakal kejadian juga di Parma karena saya mau maju terus dan ada saja orang-orang yang tak senang. Tidak ada yang memberikan maaf kepada yang terbaik, mereka hanya menunggu anda untuk gagal,".

"Itu akan terjadi juga kepadanya [Donnarumma], tapi dia harus tetap tenang, sebab dia sangat kuat. Ini akan berjalan baik untuknya di Paris, bahkan lebih baik lagi. Kami saling berkirim pesan selama Euro, mendiskusikan PSG dan banyak lagi," demikian nasihat Gianluigi Buffon kepada Gianluigi Donnarumma.



Simak Video "Haaland Dapat Peminat Serius, Donnarumma Jadi Target Chelsea"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/ran)