Semifinal Sepakbola Olimpiade 2020: Meksiko Vs Brasil, Jepang Vs Spanyol

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 31 Jul 2021 23:15 WIB
Spains Mikel Oyarzabal celebrates scoring from the penalty spot his sides third goal against Ivory Coast in a mens quarterfinal soccer match at the 2020 Summer Olympics, Saturday, July 31, 2021, in Rifu, Japan, Tokyo. (AP Photo/Andre Penner)
Semifinal sepakbola putra Olimpiade Tokyo 2020 (AP/Andre Penner)
Jakarta -

Cabor sepakbola putra Olimpiade Tokyo 2020 sudah mencapai semifinal. Meksiko bertemu Brasil, sementara tuan rumah Jepang ditantang Spanyol.

Pada laga perempatfinal yang dihelat serentak, Sabtu (31/7/2021), Spanyol dan Pantai Gading jadi tim pertama yang bertemu. La Rojita lolos ke semifinal setelah melewati duel ketat selama 120 menit.

Spanyol menang 5-3 setelah dua kali tertinggal duluan. Pahlawan kemenangan adalah Rafa Mir yang masuk sebagai pemain pengganti dan mencetak tiga gol. Dua gol lain dibuat Dani Olmo dan penalti Mikel Oyarzabal.

Pantai Gading harus memendam lara meski sempat unggul dua kali lewat Eric Bailly dan Max Gradel. Jadi lawan Spanyol di semifinal adalah tuan rumah Jepang yang menyingkirkan Selandia Baru lewat adu penalti.

Setelah berimbang tanpa gol sepanjang 90 menit plus 2x15 menit babak perpanjangan waktu, Jepang menang 4-2 dalam babak tos-tosan. Perempatfinal lainnya mempertemukan juara bertahan Brasil menghadapi Mesir.

Selecao juga menang susah payah 1-0 atas Mesir lewat gol Matheus Cunha di menit ke-37. Brasil akan bertemu Meksiko pada partai semifinal yang merupakan ulangan final Olimpiade London 2012. Saat itu Brasil kalah 1-2.

Meksiko menang besar atas Korea Selatan dengan skor 6-3. Henry Martin dan Sebastian Cordova masing-masing membuat dua gol, sementara sisa dua gol lain dilahirkan Luis Romo dan Eduardo Aguirre.

Korsel membuat tiga gol lewat Lee Dong-gyeong (dua gol) dan Hwang Ul-jo. Partai semifinal Olimpiade Tokyo 2020 akan dihelat secara berbarengan pada Selasa 3 Agustus di dua tempat berbeda.

Meksiko vs Brasil dihelat duluan di Kashima stadium, Kashima, sementara Jepang vs Spanyol di Saitama stadium. Pemenang akan bertemu di final 7 Agustus, sementara yang kalah berebut medali perunggu 6 Agustus.

Semifinal Sepakbola Olimpiade 2020

Meksiko Vs Brasil
Kashima stadium, Kashima
Selasa 3 Agustus
17.00 WIB

Jepang Vs Spanyol
Saitama stadium, Saitama
Selasa 3 Agustus
20.00 WIB

(mrp/raw)