Shevchenko Akhiri Perjalanannya sebagai Pelatih Timnas Ukraina

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Senin, 02 Agu 2021 00:03 WIB
GLASGOW, SCOTLAND - JUNE 28: Andriy Shevchenko, Head Coach of Ukraine looks on during the Ukraine Training Session ahead of the UEFA Euro 2020 Round of 16 match between Sweden and Ukraine at Hampden Park on June 28, 2021 in Glasgow, Scotland. (Photo by Stu Forster/Getty Images)
Kontrak Anfriy Shevchenko sebagai pelatih timnas Ukraina telah berakhir (Foto: Getty Images/Stu Forster)
Jakarta -

Selesai sudah kiprah Andriy Shevchenko sebagai pelatih tim nasional Ukraina. Shevchenko meninggalkan posisinya setelah kontraknya habis.

Shevchenko sudah menangani timnas Ukraina sejak 2016. Awalnya, mantan striker AC Milan dan Chelsea itu jadi asisten pelatih mulai Februari 2016 sebelum kemudian diangkat sebagai pelatih lima bulan kemudian.

Euro 2020 jadi panggung terakhir Shevchenko bersama timnas Ukraina. Pria berusia 44 tahun itu membawa Ukraina mengukir sejarah dengan menembus perempatfinal Piala Eropa untuk pertama kalinya. Namun, langkah Oleksandr Zinchenko dkk terhenti di perempatfinal usai dikalahkan Inggris dengan skor 0-4.

Hari Minggu (1/8/2021), Andriy Shevchenko mengumumkan bahwa kontraknya sebagai pelatih timnas Ukraina telah berakhir.

"Hari ini, kontrak saya bersama Asosiasi Sepakbola Ukraina (UAF) berakhir. Saya menghabiskan lima tahun bersama tim nasional," Shevchenko menulis di akun media sosialnya.

"Dengan kerja keras kami membuktikan kalau kami mampu memainkan sepakbola modern. Saya berterima kasih kepada presiden dan komite eksekutif UAF atas kesempatan untuk bekerja dengan tim nasional."

"Saya berterima kasih kepada setiap pemain, setiap orang yang membantu dan terlibat di tim. Terima kasih banyak kepada semua fans atas dukungan dan kritiknya."

"Bersama-sama kita menunjukkan bahwa sepakbola kita bisa kompetitif, produktif, dan menarik. Dengan keyakinan kepada Ukraina," kata Shevchenko.

Selama jadi pelatih, Andriy Shevchenko memimpin Ukraina dalam 52 pertandingan dengan persentase kemenangan sebesar 48,1%. Dia mencatatkan 25 kemenangan, 13 hasil imbang, dan 14 kali kalah.

(nds/ran)