Olimpiade Tokyo 2020: Kalahkan Jepang, Spanyol Jumpa Brasil di Final

Randy Prasatya - Sepakbola
Selasa, 03 Agu 2021 20:42 WIB
SAITAMA, JAPAN - AUGUST 03: Marco Asensio #7 of Team Spain celebrates after scoring their sides first goal during the Mens Football Semi-final match between Japan and Spain on day eleven of the Tokyo 2020 Olympic Games at Saitama Stadium on August 03, 2021 in Saitama, Japan. (Photo by Francois Nel/Getty Images)
Perayaan gol Marco Asensio setelah mencetak gol indah ke gawang Jepang. (Foto: Getty Images/Francois Nel)
Saitama -

Spanyol berhasil melaju ke final Olimpiade Tokyo 2020 cabang sepakbola putra usai mengalahkan Jepang 1-0 lewat ekstra time. La Rojita selanjutnya berhadapan dengan Brasil.

Babak semifinal mempertemukan Jepang vs Spanyol di Saitama Stadium, Selasa (3/8/2021) malam WIB. Spanyol mampu mendominasi permainan di babak pertama. Tim Jose Luis de La Fuente memainkan umpan-umpan pendek untuk menggedor pertahanan Jepang.

Percobaan pertama Spanyol datang di menit ke-10. Mikel Merino melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, tapi bola masih bisa diblok pemain Jepang.

Jepang kesulitan keluar dari tekanan. Tim tuan rumah terpaksa harus bertahan lebih dalam untuk meredam serangan Spanyol, sambil sesekali berusaha melancarkan serangan balik.

Tembakan kedua Spanyol baru tercipta di menit ke-32. Umpan lambung Pedri diteruskan Oscar Gil ke Mikel Oyarzabal, yang gagal menembak bola mengarah ke gawang.

Jepang baru bisa melepaskan percobaan di menit ke-34. Takefusa Kubo menusuk ke kotak penalti Spanyol dari sisi kiri dan melepaskan tembakan, tapi bola diblok lawan.

Spanyol masih belum bisa menciptakan ancaman berarti selama 45 menit. Jepang vs Spanyol pun tuntas tanpa gol di babak pertama.

Wasit sempat memberikan hadiah penalti untuk Spanyol di babak kedua, yang tepatnya pada menit ke-55 setelah Merino dijatuhkan Maya Yoshida. Petugas VAR kemudian menyarankan agar wasit melihat tayangan ulang dan keputusan itu akhirnya dianulir beserta kartu kuning untuk Yoshida dicabut.

Spanyol terus berusaha keras melancarkan serangan dari berbagai sisi. Peluang emas didapat pada menit ke-86 lewat tembakan Martin Zubimendi, namun bola dengan cepat diblok lawan.

Rafa Mir membuang peluang emas di menit ke-90. Dari jarak dekat, bola tembakan pemain Wolverhampton Wanderers berhasil ditangkap Kosei Tani. Skor kacamata bertahan sampai waktu normal tuntas dan laga berlanjut ke extra time 2x15 menit.

La Rojita masih belum bisa merobek gawang Jepang di babak pertama tambahan waktu. Satu-satunya peluang bagus Spanyol terjadi di menit ke-105 saat bola sundulan Mir dengan tepat ditangkap Kosei Tani.

Jepang tampil lebih menggigit di paruh kedua tambahan waktu. Ancaman dibuat Jepang pada menit ke-110 setelah terjadi kemelut dari hasil tembakan bebas, tapi bola yang dilepaskan pemain tuan rumah masih membentur lawan.

Spanyol akhirnya sukses memecah kebuntuan di menit ke-116. Marco Asensio berhasil merobek gawang Jepang setelah bola tembakan kaki kirinya meluncur ke tiang jauh. 1-0 Spanyol kini memimpin.

Jepang mencoba bereaksi untuk mencari gol balasan. Namun, hingga laga tuntas skor 1-0 tetap bertahan untuk kemenangan Spanyol.

Spanyol di laga final bakal bertemu Brasil yang sebelumnya mengalahkan Meksiko lewat adu penalti. Jepang berhadapan dengan Meksiko untuk berebut perunggu.

Susunan Pemain:

Jepang: Kosei Tani; Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Ko Itakura, Yuta Nakayama; Endo Wataru, Ao Tanaka; Ritsu Doan, Takefusa Kubo, Reo Hatate; Daichi Hayashi.

Spanyol: Unai Simon; Oscar Gil, Eric Garciao, Pau Torres, Marc Cucurella; Martin Zubimendi; Mikel Merino, Pedri; Mikel Oyarzabal, Rafa Mir, Dani Olmo.



Simak Video "Dukungan Warganet untuk Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/krs)