Misi Dani Alves Bidik Gelar ke-44 di Final Olimpiade Tokyo 2020

Putra Rusdi K - Sepakbola
Rabu, 04 Agu 2021 08:13 WIB
Brazils defender Dani Alves looks on prior to the Tokyo 2020 Olympic Games mens group D first round football match between Brazil and Germany at the Yokohama International Stadium in Yokohama on July 22, (Photo by DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP)
Dani Alves bidik gelar ke-44 di Olimpiade Tokyo (Foto: AFP/DANIEL LEAL-OLIVAS)
Tokyo -

Dani Alves membidik emas Olimpiade Tokyo 2020 bersama timnas Brasil. Emas Olimpiade Tokyo 2020 bakal menjadi gelar ke-44 sepanjang karier Alves.

Dani Alves mampu memimpin Brasil menembus final Olimpiade Tokyo 2020. Kepastian tersebut didapat usai Brasil mengalahkan Meksiko di Kashima Soccer Stadium pada babak semifinal, Selasa (3/8/2021).

Selecao menang adu penalti 4-1 atas Meksiko usai laga berakhir imbang 0-0. Pada babak final, Brasil akan berjumpa Spanyol yang pada babak semifinal bisa menyingkirkan tuan rumah Jepang usai menang 1-0.

Alves tampil di Olimpiade Tokyo 2020 dengan status sebagai pemain over-age. Dengan segudang pengalaman yang dimilikinya, bek sayap 38 tahun ini dipercaya pelatih Andre Jardine untuk menjadi kapten pasukan muda Brasil di Olimpiade Tokyo 2020.

Alves terbukti mampu membimbing tim muda Brasil ke laga puncak. Pertandingan final nanti bakal terasa spesial untuk pemain Sao Paolo ini.

Ia harus menghadapi Spanyol, negara tempat dimana dirinya menghabiskan hampir separuh karier sepakbolanya. Alves 14 tahun berada di Spanyol dari rentang 2002-2016 dengan membela Sevilla dan Barcelona. Ini jelas menjadi final yang begitu didambakan Alves.

"Anda tahu tentang kelemahan saya soal Spanyol. Akan sangat baik jika saling berhadapan di final. Ini untuk masa lalu saya, karena saya setengah Brasil, setengah Spanyol," ujar Alves dikutip dari Marca sebelum Olimpiade Tokyo 2020 dimulai.

Dani Alves kini membidik emas demi melengkapi torehan gelar yang diraihnya sepanjang karier di sepakbolanya. Ia kini total telah meraih 43 gelar baik di level klub maupun negara.

Jika Brasil bisa menggenggam emas, ini akan menjadi gelar ke-44 yang sangat luar biasa untuk Alves. Menurut Alves, semua atlet jelas bermimpi meraih hasil yang terbaik di Olimpiade. Apalagi, ia juga belum pernah meraih emas di ajang ini,

"Ini adalah soal meraih mimpi. Setiap atlet dengan performa teratas ingin berada di sini," ungkap Alves soal Olimpiade.

Kita nantikan saja apakah Alves mampu mewujudkan impiannya itu. Duel final sepakbola putra Olimpiade Tokyo 2020 antara Brasil vs Spanyol bakal berlangsung 7 Agustus mendatang di International Yokohama stadium.



Simak Video "Sekelompok Kecil Aksi Protes Olimpiade Tokyo 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/mrp)