Messi Datang, PSG Bisa Mainkan Formasi Super Ini

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 11 Agu 2021 12:00 WIB
Argentinian soccer star Lionel Messi smiles as he arrives at his hotel in Paris, Tuesday, Aug. 10, 2021. Lionel Messi finalized agreement on his Paris Saint-Germain contract and arrived in the French capital on Tuesday to complete the move that confirms the end of a career-long association with Barcelona. (AP Photo/Adrienne Surprenant)
Lionel Messi datang, PSG bakal punya banyak formasi maut (AP/Adrienne Surprenant)
Jakarta -

Kedatangan Lionel Messi membuat Paris Saint-Germain tampak mengerikan. Les Parisiens bisa memainkan beberapa formasi berbeda dengan kekuatan merata.

Messi setuju dikontrak PSG selama dua tahun dengan opsi perpanjangan setahun berikutnya. Kapten timnas Argentina itu menyeberang ke Paris setelah menghabiskan 17 tahun yang sangat sukses di Barcelona.

Bayaran fantastis juga akan diterima pemain terbaik dunia enam kali itu di Les Parisiens. Gaji Messi disebut-sebut mencapai 35 juta euro per tahun atau sekitar Rp 590 miliar.

Dengan gaji sebesar ini dan juga catatan fantastisnya bersama Barcelona, Lionel Messi jelas akan mengunci satu tempat di starting line-up PSG. Mengingat PSG mengandalkan Kylian Mbappe dan Neymar di lini serang, maka sudah pasti ketiganya akan jadi andalan.

Kini yang jadi pertanyaan, delapan posisi tersisa akan jadi milik siapa? Mengingat PSG punya banyak pemain top, maka ada tiga alternatif formasi yang bisa dipakai pelatih Mauricio Pochettino.

Berikut tiga formasi PSG yang dikutip dari L'Equipe:

1. 4-2-3-1

Formasi PSG 4-2-3-1Formasi PSG 4-2-3-1 Foto: Istimewa

Sejatinya ini adalah formasi andalan Pochettino semasa melatih Tottenham Hotspur. Untuk posisi kiper ada Gianluigi Donnarumma yang dilindungi empat bek tangguh, yakni Layvin Kurzawa dan Achraf Hakimi di sisi sayap, serta duet Sergio Ramos dan Marquinhos di tengah.

Dua posisi gelandang pivot kemungkinan besar jadi milik Gini Wijnaldum dan Marco Verratti. Leandro Paredes dan Ander Herrera bakal jadi pelapisnya. Nah, untuk kuartet empat pemain menyerang adalah milik Angel Di Maria, Mbappe, Messi, dan Neymar.

Messi bisa jadi penyerang lubang tepat di belakang Mbappe atau Neymar. Kebetulan Mbappe dan Neymar bisa dimainkan sebagai striker tunggal di depan. Sementara, Di Maria akan beroperasi dari sisi sayap kanan.

2. 4-3-3

Formasi PSG 4-3-3Formasi PSG 4-3-3 Foto: Istimewa

Formasi ini tak asing bagi Lionel Messi karena dia akan mendapat kebebasan untuk bergerak dari sisi kanan, seperti yang dilakukan selama ini di Barcelona. Neymar dan Mbappe bisa bertukar posisi antara tengah dan penyerang sayap kanan.

Sayangnya Di Maria harus duduk ke bangku cadangan demi memberikan stabilitas di lini tengah. Gini Wijnaldum, Marco Verratti, dan Idrissa Gueye akan melindungi empat bek dari serbuan lawan.

Di posisi pemain belakang tidak akan banyak berubah. Mungkin jika Pochettino mau melakukan rotasi, Marquinhos atau Ramos bisa dituker Presnell Kimpembe. Juan Bernat bisa jadi alternatif untuk

3. 3-4-1-2

Formasi PSG 3-5-2Formasi PSG 3-5-2 Foto: Istimewa

Melalui formasi ini, PSG akan memperkuat lini pertahanan dengan memainkan Ramos, Marquinhos, dan Kimpembe bersamaan. Hakimi di posisi bek sayap kanan dan Kurzawa atau Juan Bernat di posisi bek kiri.

Untuk pos penjaga gawang, Donnarumma dan Keylor Navas akan saling bersaing untuk mendapatkan tempat. Keduanya bisa jadi akan dirotasi menurut kebutuhan tim.

Dua gelandang tengah masih jadi milik Wijnaldum dan Verratti. Untuk tiga pemain menyerang, Messi bisa jadi penyerang lubang atau bergantian dengan Neymar. Sementara Mbappe difokuskan di lini depan.

Duet pemain depan bisa Messi-Mbappe, Messi-Neymar, atau Neymar-Mbappe dengan ditopang Messi.

Simak video 'Sah! Messi Kini Berseragam PSG':

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/cas)