Messi Datang, PSG Bakal Cuci Gudang

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 11 Agu 2021 18:45 WIB
Lionel Messi waves after arriving at Le Bourget airport, north of Paris, Tuesday, Aug. 10, 2021. Lionel Messi finalized agreement on his Paris Saint-Germain contract and was flying to France on Tuesday to complete the move that confirms the end of a career-long association with Barcelona. (AP Photo/Francois Mori)
Lionel Messi datang, PSG harus cuci gudang (AP/Francois Mori)
Paris -

Lionel Messi datang, ada masalah baru untuk Paris Saint-Germain. Klub harus melonggarkan tagihan gaji dengan cara melepas minimal 10 pemain!

Messi akhirnya diresmikan juga sebagai pemain PSG, Rabu (11/7/2021) dini hari WIB. Pemain Argentina itu dikontrak dua tahun hingga 2023, dengan opsi perpanjangan semusim.

PSG pun tak tanggung-tanggung memberikan gaji agar Messi mau meninggalkan Barcelona dan gabung ke sana. Messi akan digaji sekitar 35 juta euro per tahunnya atau mencapai Rp 19.500 per detiknya. Gila bukan?

Wajar saja mengingat Messi adalah pemain terbaik dunia dan pencapaiannya bersama Barcelona begitu luar biasa. Selain itu kedatangan Messi akan menaikan nilai jual PSG di mata dunia.

Tapi, ada juga risiko yang harus dihadapi PSG dengan merekrut Messi, yakni soal kondisi keuangannya. Sebab PSG rupanya tidak berbeda jauh dengan Barcelona, yakni rasio pendapatan-pengeluaran tidak baik.

Dalam laporan keuangan musim 2019/2020, dari total pemasukan PSG, 99 persen di antaranya untuk membayar gaji pemain. Neymar dan Kylian Mbappe adalah dua pemain dengan gaji tertinggi.

Kini dengan adanya Lionel Messi dan beberapa pemain baru yang bergaji tinggi seperti Sergio Ramos, Gianluigi Donnarumma, serta Gini Wijnaldum, PSG harus melonggarkan dulu tagihan gaji jika tak mau disemprit UEFA.

Dikutip Sport, PSG saat ini punya tagihan gaji lebih dari 300 juta euro (Rp 5,06 T) musim ini. Maka dari itu manajemen berencana melego 10 pemainnya atau setara hampir satu skuad untuk turun bertanding.

Nama-nama seperti Abdou Diallo, Thilo Kehrer, Idrissa Gueye, Mauro Icardi, Ander Herrera, Sergio Rico, Alphonse Areola, Layvin Kurzawa, dan Pablo Sarabia bakal masuk daftar jual sebelum bursa transfer tutup 31 Agustus.

Apalagi PSG juga masih berencana mendatangkan Theo Hernandez musim panas ini. Belum lagi PSG masih disibukkan dengan negosiasi kontrak baru Mbappe dan berupaya mendekati Paul Pogba secara cuma-cuma awal tahun depan.

Kira-kira ada yang mau pemain buangan Paris Saint-Germain, tidak?

(mrp/yna)