Kata Mbappe soal Perbandingan dengan Ronaldo dan Messi

ADVERTISEMENT

Kata Mbappe soal Perbandingan dengan Ronaldo dan Messi

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Selasa, 24 Agu 2021 21:20 WIB
Lionel Messi bertemu rekan-rekannya di PSG, termasuk dengan Kylian Mbappe. Begini momen saat mereka bertemu.
Kylian Mbappe kini satu tim dengan Lionel Messi di Paris Saint-Germain (Foto: Instagram)
Jakarta -

Kylian Mbappe menilai perbandingan dirinya dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masih terlalu dini. Mbappe sadar diri level mereka tak bisa dibandingkan.

Mbappe mulai dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia usai tampil sensasional bersama Paris Saint-Germain dan timnas Prancis. Meski baru berusia 22 tahun, Mbappe sudah meraih berbagai trofi di level klub dan tim nasional.

Bersama PSG, Mbappe sudah mencetak 133 gol dalam 174 kali penampilan sejak 2017 dan memenangi 10 trofi. Sementara di timnas, Mbappe turut membawa Prancis jadi juara Piala Dunia 2018.

Sederet prestasi dan performa yang apik itu membuat Mbappe dibanding-bandingkan dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Namun, Mbappe menilai perbandingan itu masih terlalu prematur.

"Bukan cuma saya yang tahu. Semua orang tahu," ujar Mbappe dalam wawancara dengan Esquire seperti dilansir Mirror.

"Kalau Anda bilang ke diri sendiri bahwa Anda akan lebih baik daripada mereka, itu melebihi ego atau determinasi: itu kurang sadar diri. Pemain-pemain itu tak tertandingi. Mereka sudah mematahkan hukum statistik."

"Mereka sudah melewati 10, 15 tahun yang luar biasa."

Meski demikian, Mbappe tak menampik bahwa ia menjadikan Messi dan Ronaldo sebagai tolok ukur untuk mengasah kemampuan diri.

"Anda selalu membandingkan diri dengan yang terbaik, seperti tukang roti yang membandingkan diri dengan tukang roti terbaik di sekitarnya. Siapa yang bikin croissant terbaik, pain au chocolat (semacam roti cokelat) terbaik?," ucap Mbappe.

"Saya menonton permainan dari pemain hebat lainnya untuk melihat apa yang mereka lakukan. Saya tahu bagaimana melakukannya, tapi bisakah yang lain melakukannya juga?"

"Saya kira pemain lain juga mengamati saya. Itu mendorong pesepakbola untuk meningkatkan permainan," kata Mbappe.

(nds/cas)

ADVERTISEMENT