Chile Vs Brasil: Selecao Menang Tipis 1-0

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 03 Sep 2021 10:19 WIB
Brazils Bruno Guimaraes, center, kicks the ball in an attempt to score as Chiles goalkeeper Claudio Bravo defends during a qualifying soccer match for the FIFA World Cup Qatar 2022 at Monumental Stadium in Santiago, Chile, Thursday, Sept. 2, 2021. (Claudio Reyes/Pool via AP)
Brasil mengalahkan Chile 1-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (Foto: AP/Claudio Reyes)
Santiago -

Brasil masih sempurna di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Selecao mempecundangi tuan rumah Chile dengan skor tipis 1-0.

Bertanding di Stadion Monumental David Arellano, Jumat (3/9/2021), Chile secara keseluruhan lebih dominan. Statistik memperlihatkan bahwa La Roja menguasai 60 persen bola meski cuma membuat enam percobaan (3 on target). Sedangkan Brasil membuat delapan percobaan (empat on target), termasuk satu yang menjadi gol.

Pada paruh pertama, kedua kesebelasan bermain sama kuat tanpa gol. Namun setelah turun minum, Brasil mencetak gol melalui Everton Riberio, yang sekaligus menjadi pembeda.

Tiga angka yang diperoleh membuat Brasil kukuh memuncaki klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL. Neymar cs mengumpulkan 21 poin dari tujuh pertandingan, unggul enam poin dari Argentina di bawahnya dan sembilan poin dari Ekuador di posisi ketiga.

Sementara itu Chile dalam posisi yang tidak menguntungkan. Arturo Vidal cs bertengger di peringkat ketujuh usai baru mengumpulkan enam poin saja, terpaut tiga poin dari Kolombia di posisi empat.

Brasil nyaris mengejutkan Chile di menit pertama pertandingan. Gabriel Barbosa menyisir sisi kanan lapangan sebelum mengirim umpan kepada Vinicius Junior yang berpotensi mencetak gol cepat. Namun, bek kanan Chile Paulo Diaz sigap untuk menyapu bola sebelum Vincius melakukan penyelesaian.

Chile kemudian mulai mendominasi permainan. Di menit ke-30, Chile memaksa Weverton melakukan penyelamatan ganda. Dari tendangan bebas yang dilakukan Arturo Vidal ditepis, bola rebound ditanduk Vargas tapi kembali ditangkis.

Tiga menit kemudian, crossing Vidal disambut Mena diselesaikan Ivan Morales untuk bersarang di gawang Brasil. Namun, gol itu dianulir karena offside.

Tekanan Chile berlanjut di paruh kedua. Alex Sandro melakukan blocking krusial untuk mencegah Carlos Aranguiz melakukan tembakan dari kotak penalti di posisi yang bagus.

Keputusan memasukkan Everton Ribeiro terbukti jitu. Riberio memecah kebuntuan di menit ke-64 untuk membawa Brasil memimpin 1-0 atas Chile. Kerja sama Danilo dengan Neymar, diakhiri dengan umpan kepada Riberio.

Riberio kembali mengoper kepada Neymar untuk menciptakan ruang tembak, kiper Claudio Bravo menutup. Namun, Riberio lantas dengan mudah menggetarkan gawang Chile.

Chile terus menekan tapi terus kesulitan membongkar pertahanan Brasil. Di empat menit terakhir, keributan terjadi setelah Casemiro menerjang Vidal di kotak penalti Brasil namun wasit tidak menganggap insiden itu sebagai pelanggaran.

Di masa injury time, Bravo sembrono setelah kehilangan bola kepada Neymar. Pemain yang disebut terakhir bisa saja mencetak gol ke gawang yang kosong, namun dengan cepat pemain-pemain bertahan Chile menutup pergerakannya.


Susunan Pemain

CHILE: Bravo, Isla, Medel, Mena, Maripan, Diaz (Palacios 69'), Vidal, Aranguiz (Valdes 78'), Pulgar, Vargas, Morales (Jimenez 83')

BRASIL: Weverton, Danilo, Alex Sandro, Marquinhos, Eder Militao, Casemiro, Bruno Guimares (Gerson 46'), Lucas Paqueta, Neymar, Gabriel Barbosa (Matheus Cunha 78'), Vinicius Jr (Everton Riberio 46')



Simak Video "Jelang Laga Indonesia Vs Thailand, GBK Masih Sepi Suporter"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/aff)