Belanda Vs Montenegro: Memphis Depay 2 Gol, De Oranje Menang 4-0

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Minggu, 05 Sep 2021 04:14 WIB
Eindhoven -

Belanda menang telak 4-0 atas Montenegro di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Memphis Depay mencetak dua gol dalam pertandingan ini.

Duel Belanda vs Montenegro di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa digelar di Stadion Philips, Minggu (5/9/2021) dini hari WIB. Belanda mencoba bangkit usai ditahan imbang Norwegia 1-1 di pertandingan sebelumnya.

Memphis Depay beberapa kali menghasilkan peluang untuk Belanda. Salah satu upayanya pada menit ke-18 memaksa kiper Montenegro Matija Sarkic melakukan penyelamatan. Depay melepaskan tendangan setengah voli saat menerima bola umpan dari Denzel Dumfries.

Belanda nyaris membuka keunggulan pada menit ke-32. Umpan Tyrell Malacia diteruskan Davy Klaassen dengan sundulan. Sial bagi Belanda, bola sundulan Klaassen membentur tiang gawang.

Belanda mendapat penalti pada menit ke-36. Wasit menunjuk titik putih setelah Depay dijatuhkan oleh Dusan Lagator. Depay yang maju sebagai eksekutor sukses menaklukkan Sarkic untuk membawa Belanda unggul 1-0.

Kesalahan lini belakang Belanda pada menit ke-56 nyaris berakibat fatal. Operan backpass Malacia kepada Stefan De Vrij dipotong oleh Stefan Murgosa.

Namun, meski Justin Bijlow sudah dalam posisi yang tidak pas, Mugosa gagal mencetak gol. Bola tendangannya melebar dari gawang Belanda.

Belanda menggandakan keunggulan pada menit ke-62. Depay melepaskan tembakan yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang Montenegro.

Georginio Wijnaldum kemudian membawa Belanda unggul 3-0 pada menit ke-70. Wijnaldum yang menerima bola dari Berghuis kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kanan untuk menjebol gawang Montenegro.

Enam menit kemudian, giliran Cody Gakpo yang mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa Belanda makin menjauh. Dia melepaskan tembakan melengkung yang mengarah ke pojok kanan atas gawang Montenegro.

Dengan hasil ini, Belanda kini mengumpulkan 10 poin dari lima pertandingan. De Oranje menempati peringkat dua klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Berikutnya, tim arahan Louis van Gaal itu akan menghadapi sang pemuncak klasemen Turki pada Rabu (8/9/2021) dini hari WIB.

Susunan Pemain

Belanda: Justin Bijlow; Denzel Dumfries, Matthijs de Ligt, Stefan de Vrij, Tyrell Malacia; Georginio Wijnaldum, Frenkie de Jony, Davy Klaassen; Steven Berghius, Memphis Depay, Cody Gakpo

Montenegro: Matija Sarkic; Marko Vesovic, Stefan Savic, Zarko Tomasevic, Risto Radunovic; Adam Marusic, Aleksandar Scekic, Dusan Lagator, Milutin Osmajic; Drasko Bozovic, Stefan Mugosa

(nds/raw)