Kualifikasi Piala Dunia 2022: Jerman Gasak Armenia 6-0

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Senin, 06 Sep 2021 03:47 WIB
Stuttgart -

Jerman meraih kemenangan keduanya di era Hansi Flick. Jerman berpesta enam gol ke gawang Armenia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pertandingan Jerman vs Armenia dilangsungkan di Mercedes-Benz Arena, Stuttgart, Senin (6/9/2021) dinihari WIB. Serge Gnabry menyumbang dua gol Jerman, diikuti masing-masing satu gol dari Marco Reus, Timo Werner, dan Jonas Hofmann serta Karim Adeyemi.

Dengan hasil ini, Die Mannschaft berhak memuncaki klasemen Grup J usai mengoleksi 12 poin hasil lima pertandingan. Jerman menggusur Armenia ke peringkat kedua yang mengumpulkan 10 poin, unggul satu poin dari Romania (3) dan dua poin dari Makedonia Utara (4).

Pesta gol Jerman dimulai di menit keenam setelah Gnabry membobol gawang yang dijaga David Yurchenko. Dari serangan yang dilakukan dari sisi kanan, Gnabry menyelinap di belakang lini pertahanan Armenia. Pemain Bayern itu menyelesaikan dengan sepakan voli dari sudut sempit. Jerman memimpin 1-0.

Kurang dari 10 menit kemudian, Gnabry memperbesar skor menjadi 2-0. Leroy Sane menggocek bola di sisi kiri kotak penalti, lalu kerja sama Goretzka dengan Marco Reus diakhiri dengan sebuah umpan silang mendatar yang sukses disambar Gnabry.

Pada menit ke-35, giliran Reus menggetarkan gawang Armenia. Umpan lambung Sane diteruskan Timo Werner dengan umpan tarik dari depan gawang. Reus berlari dari belakang untuk menyelesaikan dengan sontekan di depan kotak 6 yard.

Jelang turun minum, Jerman melengkapi dominasinya dengan gol keempat. Joshua Kimmich melepaskan umpan silang kepada Goretzka di kotak penalti, lalu diteruskan dengan sundulan ke jalur Werner. Tanpa kesulitan, Werner menuntaskan dengan tendangan kaki kanan untuk mengubah kedudukan menjadi 4-0.

Pesta gol Jerman berlanjut setelah restart. Di menit ke-52, Hofmann mencetak gol kelima sehingga skor kini 5-0 atas Armenia. Kimmich melepaskan tendangan penjuru ke arah luar kotak penalti, Hofmann langsung meneruskan dengan tembakan mendatar yang menembus pertahanan Armenia lalu bersarang di sudut bawah gawang.

Jerman nyaris mencetak gol keenam di menit ke-62. Florian Wirtz bekerja sama dengan Jamal Musiala di sisi kiri di akhiri dengan umpan tarik ke kotak enam yard. Hofmann berdiri di tiang jauh melepaskan sepakan ke arah gawang, namun bisa disapu tepat di garis.

Melewati 80 waktu permainan, Jerman lagi-lagi digagalkan dalam mencetak gol keenam setelah Werner dinyatakan offside. Setelahnya, Goretzka melepaskan tembakan keras dari tepi kotak penalti meski masih bisa dihalau Yurchenko.

Akhirnya gol keenam yang dicari-cari Jerman terlahir di injury time. Pemain pengganti Karim Adeyemi menggenapkan pesta gol Jerman setelah menuntaskan umpan Writz.


Susunan Pemain

JERMAN: Neuer, Ruediger, Suele, Kehrer (Raum 83'), Hofmann, Goretzka, Gnabry (Adeyemi 72'), Kimmich (Guendogan 61'), Reus (Wirtz 61'), Werner, Sane (Musiala 60')

ARMENIA: Yurchenko, Hambardzumyan (Terteyan 57'), Haroyan, Voskanyan, Mkhitarnyan, Hovhannisyan, Grioryan, Angulo (Udo 46'), Bayramyan (Avenesyan 82'), Barseghyan (Bichakchyan 70'), Adamyan (Geloyan 46')

(rin/bay)