Prancis Vs Finlandia: Griezmann Menangkan Les Blues 2-0

Randy Prasatya - Sepakbola
Rabu, 08 Sep 2021 03:45 WIB
Frances soccer team celebrate after Antoine Griezmann scored his sides second goal during the World Cup 2022 group D qualifying soccer match between France and Finland at Decines stadium in Lyon, France, Tuesday Sept. 7, 2021. (AP Photo/Laurent Cirpiani)
Prancis berhasil mengalahkan Finlandia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. (Foto: AP/Laurent Cipriani)
Lyon -

Prancis berhasil mengalahkan Finlandia 2-0. Dua gol Antoine Griezmann bikin langkah Les Blues ke Piala Dunia 2022 di Qatar makin ringan.

Prancis bertemu Finlandia dalam lanjutan Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2020 di Parc Olympique Lyonnais, Rabu (8/9/2021) dini hari WIB. Juara Piala Dunia 2018 ini memetik kemenangan 2-0 lewat sepasang gol Antoine Griezmann.

Prancis semakin mantap di puncak klasemen dengan 12 poin dari enam laga. Finlandia untuk sementara di posisi keempat dengan lima poin dari empat pertandingan, kalah selisih gol dari Ukraina dan Bosnia-Herzegovina.

Kazakhstan tetap di dasar klasemen dengan dua poin dari lima laga usai dikalahkan Bosnia.

Jalannya Pertandingan

Les Bleus menekan di 15 menit awal dengan melepaskan tiga tembakan. Attempt pertama Prancis tercipta lewat sundulan Kurt Zouma. Bek anyar West Ham United itu menyambut bola dari skema sepak pojok, tapi arahnya masih belum ke gawang lawan.

Lima menit berselang giliran Theo Hernandez yang melepaskan percobaan. Bola tembakannya masih melebar dari sasaran, begitu juga dengan bola tembakan Paul Pogba yang arahnya masih jauh dari gawang lawan di menit ke-12.

Finlandia perlahan mulai menekan. Urho Nissila melepaskan tembakan dari jarak dekat di menit ke-18 yang masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Hugo Lloris.

Percobaan pertama Prancis yang bisa mengarah ke gawang terjadi di menit ke-22. Karim Benzema dari dalam kotak penalti melepaskan tembakan keras, tapi kiper Lukas Hradecky masih bisa menepis keluar lapangan.

Prancis membuka skor 1-0 di menit ke-25. Antoine Griezmann menerima bola umpan dari Benzema untuk kemudian melepaskan tembakan dengan punggung kaki di kotak penalti.

Leo Dubois memberi ancaman lanjutan ke gawang Finlandia di menit ke-30. Pemain Lyon tersebut melepaskan tembakan dari sudut sempit, tapi masih bisa dihalau kiper.

Prancis terus menebar ancaman di sisa waktu babak pertama. Meski terus mengurung Finlandia, skor 1-0 tetap bertahan untuk tim besutan Didier Deschamps hingga turun minum.

Griezmann membawa Prancis unggul 2-0 di babak kedua atau tepatnya pada menit ke-54. Menerima umpan Leo Dubois, Griezmann lalu menggiring bola ke sudut gawang dan melepaskan tembakan dari sisi yang sangat sempit.

Griezmann nyaris membuat hat-trick di menit ke-59. Pemain Barcelona yang dipinjamkan ke Atletico Madrid itu melakukan umpan satu-dua dengan Benzema di kotak penalti dan melepaskan tembakan, namun bola masih sedikit melepar dari sasaran.

Prancis terus menekan sepanjang babak kedua. Peluang emas baru datang di menit ke-85 lewat tembakan voli Benzema dari dalam kotak penalti yang masih bisa ditepis kiper.

Finlandia nyaris mencetak gol di menit ke-87. Teemu Pukki berhasil mendapat bola di kotak penalti akibat kesalahan Theo Hernandez dalam melakukan backpass, tapi dia gagal melepaskan tembakan karena mendapatkan gangguan dari pemain lawan.

Tak ada gol tambahan hingga laga tuntas. Prancis berhasil menang dengan skor 2-0.

Susunan Pemain:

Prancis: Lloris; Kimpembe (Lenglet 90'), Zouma, Varane; Dubois (Mukiele 68'), Pogba, Rabiot, Theo Hernández; Griezmann (Tchouameni 90'); Benzema, Martial (Ben Yedder 80').

Finlandia: Hradecky; Nissila (Kairinen 73'), Vaisanen, Arajuuri, O'Shaughnessy, Uronen (Soiri 62'); Alho (Raitala 80'), Schueller (Valakari 62'), Kamara; Pohjanpalo (Jensen 73'), Pukki.

Simak video 'Griezmann Kini 'Sejajar' dengan Michel Platini':

[Gambas:Video 20detik]



(ran/pur)