James Rodriguez Resmi Hijrah ke Liga Qatar

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 23 Sep 2021 00:01 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - FEBRUARY 14: James Rodriguez of Everton looks on during the warm up prior to the Premier League match between Everton and Fulham at Goodison Park on February 14, 2021 in Liverpool, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Michael Regan/Getty Images)
James Rodriguez resmi pindah ke klub Qatar Al Rayyan (Getty Images/Michael Regan)
Al Rayyan -

James Rodriguez mengakhiri kariernya di kompetisi Eropa. Pesepakbola Kolombia itu resmi berseragam klub Qatar Al Rayyan.

Kepastian transfer James itu diumumkan oleh Everton sebagai klub pemilik sebelumnya dan Al Rayyan, Rabu (22/9/2021) malam WIB.

Tidak disebutkan berapa besaran transfer James. Yang pasti, James akan mengakhiri kariernya di Everton yang baru berjalan 12 bulan.

Klub Merseyside tersebut memang ingin melepas James demi membebaskan tagihan gaji sekitar 10 juta paun per tahun.

"James Rodriguez meninggalkan Everton untuk bergabung dengan klub Qatar Al Rayyan dengan nominal yang tak disebutkan," ujar pernyataan resmi Everton.

"Pemain 30 tahun asal Kolombia tersebut pindah ke Timur Tengah setelah 12 bulan berkarier di Goodison Park."

James Rodriguez sebenarnya tampil oke di debutnya bersama Everton dengan torehan lima gol di awal kariernya. Sayangnya, cedera membuat James menurun drastis dan kontribusinya pun berkurang di paruh kedua musim.

Dia akhirnya cuma main 26 kali di seluruh kompetisi musim lalu dengan mencetak enam gol dan sembilan assist. James Rodriguez sudah berada di Doha, Qatar, sejak awal pekan ini.

James Rodriguez akan dilatih oleh mantan pelath Timnas Prancis Laurent Blanc di Al Rayyan. Musim lalu, Al Rayyan finis ketiga di klasemen akhir Liga Qatar dengan 35 poin, selisih 15 angka dari Al Sadd sebagai juara.

James resmi menyudahi kariernya di Eropa yang dimulai 2010 bersama Porto. Tiga tahun di sana, James pindah ke AS Monaco pada 2013/2014 sebelum dibeli Real Madrid.

Kariernya di Madrid tidak mulus-mulus amat dan cuma empat tahun bermain penuh dengan total 125 penampilan dan 37 gol, karena sempat dipinjamkan dua kali ke Bayern Munich.

(mrp/ran)